Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim atletik Sulawesi Selatan tidak dibebankan target khusus pada kejuaraan nasional atletik antar-Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Sulawesi Utara, 14-18 Oktober 2014.

Pelatih PPLP Sulsel Danil Lius di Makassar, Rabu, mengatakan, meski tidak dibebankan target namun pihaknya tetap bertekad mempersembahkan prestasi maksimal di kejurnas. Dirinya juga berharap dengan tidak adanya target khusus membuat atlet bisa tampil lebih lepas di kejuaraan tahunan tersebut.

"Meskipun kita tidak dibebankan target namun seluruh atlet siap memberikan prestasi terbaiknya bagi Sulsel. Kita juga terus fokus meningkatkan kemampuan seluruh atlet agar semakin bersaing dan menjaga peluang prestasi," katanya.

Menghadapi Kejurnas PPLP 2014, pihaknya mengaku cukup optimistis bisa memberikan prestasi. Selain kualitas atlet yang cukup menjanjikan, kata dia, juga karena persiapan atlet sejauh ini juga dikatakan sudah cukup maksimal.

Salah satu atlet yang diharapkan bisa meraih hasil maksimal yakni Michael yang akan turun di nomor 800 meter dan 1-500 meter putra.

"Dari delapan atlet yang kita siapkan, Michael merupakan salah satu yang kita andalkan meraih prestasi terbaik. Pengalamannya di sejumlah kejuaraan nasional kita harapkan bisa semakin meningkatkan motivasinya saat tampil di kejurnas PPLP 2014," jelasnya.

Terkait hasil yang belum terlalu maksimal di pelaksanaan 2013, dirinya juga berharap tidak mempengaruhi motivasi setiap atlet. Sebaliknya kegagalan meraih emas pada pelaksanaan sebelumnya menjadi motivasi dan pembuktikan bagi seluruh atlet.

Pada pelaksanaan di Jawa Tengah, 2013, Sulsel yang juga diperkuat delapan atlet yakni Nasirah (400-800m), Fitri (3.000-5.000m), Sinta Paelongan (100-200m), Andi Candra Irawan (200-400m), Michael (800-1.500-4X400m), Muh Asdar (100m-4X400m), serta Bastian dinomor lari 200-400-4X400m, gagal meraih medali emas.

Bahkan, salah satu atlet yang sempat diandalkan merebut medali emas yakni Nasirah juga gagal membuktikan kualitasnya.

Hasil ini jauh menurun dibandingkan kejurnas PPLP 2012 di Mataram, NTB. Tim Sulsel ketika itu justru berhasil mempersembahkan dua medali emas, dua perak dan dua perunggu. Adapun perolehan dua emas dipersembahkan Hasruni yang sudah lulus dari PPLP Sulsel.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024