Bantaeng, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Dr Sudirman Saad, SH, MHum mengatakan, pemerintah daerah perlu mengoptimalkan pemberdayaan potensi wilayah pesisir.

"Hal itu penting dilakukan, karena selama ini wilayah pesisir belum dioptimalkan, padahal memiliki potensi yang tidak kalah dengan potensi di wilayah daratan," kata Sudirman pada seminar nasional dan workshop maritim di Kabupaten Bantaeng, Sulsel, Kamis.

Menurut dia, untuk mencapai target, maka perlu mendorong masyarakat pesisir yang taraf hidupnya masih dibawah kategori sejahtera.

Dia mengatakan, peranan Pemda sangatlah penting sebagai penentu kebijakan di daerah. Termasuk membuat kebijakan dari sisi alokasi anggaran.

"Untuk menjabarkan semua itu, maka perlu pula didukung oleh pemetaan potensi sumber daya kelautan dan pesisir," katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Seminar Nasional HM Hidayat NR, MSi mengatakan, seminar yang mengusung tema "Optimalisasi Pemberdayaan Potensi Masyarakat Pesisir" ini, merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh stakeholder.

Hal tersebut diakui Bupati Bantaeng Prof Dr HM Nurdin Abdullah. Menurut dia, seminar ini diharapkan akan menemukan solusi dan rekomendasi dari sejumlah permasalahan yang ada di lapangan.

"Khusus di Kabupaten Bantaeng, dalam kurun tiga tahun menyiapkan Rp3 miliar untuk masyarakat pesisir. Modal kerja sama tersebut diberikan kepada masyarakat tanpa agunan dan tanpa bunga," ujarnya. Agus Setiawan

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024