Mamuju (ANTARA Sulbar) - Sekolah yang dibangun perusahaan perkebunan PT Astra Agro Lestari (AAL) mewakili Provinsi Sulawesi Barat mengikuti lomba Adiwiyata tingkat nasional di Provinsi Kalimantan Selatan.

"SMP Astra Jaya Maksmur yang dibangun PT AAL di Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Mamuju Utara akan mengikuti lomba Adiwiyata tingkat nasional di Provinsi Kalimantan Selatan tahun ini," kata Humas PT AAL, Muhammad Husni di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, lomba Adiwiyata yang merupkan lomba sekolah yang peduli lingkungan sehat, bersih serta lingkungan yang indah yang diikuti SMP milik AAL itu akan dinilai melalui verifikasi oleh Mentri Lingkungan Hidup.

"SMP Astra Makmur Jaya sebelumnya juara 1 lomba Adiwiyata di Provinsi Sulbar, sehingga mewakili Sulbar dievent tingkat nasional," katanya.

Kepala Sekolah SMP Astra Makmur Jaya Andi Ibrahim Spd mengatakan, sebelumnya SMP Astra Makmur Jaya sebelumnya meraih prestasi sebagai juara 1 sekolah sehat tingkat Provinsi Sulbar dan meraih penghargaan Indonesia sebagai sekolah hijau atau `Green scholl`.

Menurut dia, SMP Astra Makmur Jaya saat ini memiliki satu orang guru Pegawai Negeri Sipil dan memiliki 18 guru dibiayai PT AAL, sekolah itu memiliki siswa 374 rungan sementara ruang belajar yang dimiliki 12 unit memiliki tiga laboratoriim serta ruang musik dan perpustakaan

Ia mengatakan, sekolah yang dipimpinnya itu memiliki program unggulan yakni menggelar program `Tudang sipulung` atau musyawarah dengan melibatkan serta masyarakat.

"Bentuk kegiatan musyawarah itu adalah siswa menyampaikan kepada masyrakat mengenai pengetahuan yang didapatkan disekolah setiap dua bulan sekali ini, tujuannya membangun keterlilbatan masyarakat bidang pendidikan, untuk mencegah masyarakat menyalahkan sekolah ketika ada masalah menyankut pendidikan," katanya. Agus Setiawan

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024