Mamuju (ANTARA Sulbar) - Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Barat akan membangun Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia di Desa Lebbeng Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju pada 2016.

"MAN Insan Cendikia merupakan Madrasah moderen yang bersatatus Negeri," kata Kepala Kemenag Sulbar Muhdin, di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, rencana pembangunan sekolah ini telah diusulkan kepada Kementrian Agama RI untuk direalisasikan.

Menurut dia, MAN Insan Cendikia adalah sekolah yang sebelumnya didirikan mantan Presinde RI, Prof Dr Bacharuddin Jusuf Habibie.

Sekolah tersebut kata dia, dibina lansung melalui Kementrian Agama RI dan Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Menurutnya sekolah tersebut juga akan dilaksanakan pembangunan di sejumlah Provinsi yaitu di Serpong Kota Tangerang Provinsi Banteng, Provinsi Gorontalo dan Provinsi Jambi termasuk di Provinsi Sulbar.

Ia mengatakan, pembangunan sekolah MAN tersebut untuk semakin meningkatkan pengetahuan keagamaan masyarakat dan untuk pembinaan ahlak dan mental lebih baik.

"Telah disiapkan lahan seluas 10 hektare untuk pembangunannya dan tidak ada masalah lagi untuk merealisasikan pembangunan sekolah yang akan menjadi sekolah terkemuka di Sulbar itu," katanya.

Ia menyampaikan jika pembangunan MAN tersebut akan memakan waktu cukup lama, karena akan ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga kualitas belajar mengajar lebih baik.

Menurut dia, siswa MAN Insan Cendekia, nantinya tidak hanya menerima siswa yang berasal dari daerah Mamuju, namun juga bisa berasal dari daerah lain di luar Sulawesi Barat.

"Sekolah ini dibangun seperti pesantren yakni dilakukan pemondokan kepada setiap siswanya," katanya.

Muhdin berharap agar pembangunan MAN ini, mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah, khususnya pemerintah Kabupaten Mamuju, karena tanpa dukungan dari pemerintah sekolah ini sulit dibangun. M Yusuf

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024