Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto bersama Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Ferry Abraham bertolak ke Hongkong untuk belajar sistem pengamanan kota.

"Wali kota bersama Kapolrestabes berangkat ke Hongkong itu, hari Senin dan dijadwalkan kembali ke tanah air, Kamis malam," ujar Kepala Sub Bagian Pemberitaan, Humas Pemkot Makassar, Muhammad Hamzah di Makassar, Senin (13/10).

Bukan cuma kedua pejabat itu yang berangkat ke Hongkong, turut serta Sekretaris Daerah Ibrahim Saleh dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muktar Tahir juga ikut serta mendampinginya.

Muh Hamzah mengatakan ini adalah salah satu upaya pemkot dalam melakukan langkah besar mengantisipasi tindak kejahatan jalanan yang marak terjadi di kota ini, yakni aksi geng motor.

Kekerasan jalanan yang dilakukan oleh para remaja dan bahkan anak dibawah umur telah memicu banyak reaksi dari masyarakat Makassar dan menimbulkan keresahan karena kekerasan itu sudah di luar dari ambang batas yakni melakukan pembunuhan.

"Di Hongkong, Danny dan Ferry akan mengikuti kegiatan terkait CCTV kota (kamera pengintai). Setiap sudut kota akan terpantau dan terekam dalam CCTV," katanya.

Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto sebelum berangkat juga mengatakan kegiatan itu dalam rangka menciptakan kota nyaman dan aman yang dikunjungi oleh siapapun selain warga Makassar sendiri.

"Disitu (Hongkong) berkumpul seluruh perwakilan dunia khusus untuk Makassar hanya diundang sendiri, ini tidak lain hubungan baik dengan PT Microsoft dan jaringan lainnya," jelasnya.***1***

Danny, sapaan akrab wali kota itu berharap dengan kunjungannya ke Hongkong bersama pihak keamanan kota bisa menambah wawasan serta pola-pola pengamanan yang berstandar internasional. S Muryono

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024