Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim sepak takraw Sulawesi Selatan akan menghadapi Jawa Timur pada babak final Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) IV di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu.

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel, Heri Sumiharto di Makassar, Selasa, mengatakan, kepastian itu didapatkan sesusai tim sepak takraw Sulsel mengalahkan Kalimantan Timur di babak semi final. Adapun Jatim memastikan tiket final setelah mengalahkan tim Sulbar dipertandingan yang lain.

"Kita bukan hanya menjaga peluang merebut emas namun telah memastikan lolos ke Popnas Jakarta 2015. Kami tentu bersyukur atas keberhasilan sepak takraw pada Popwil 2014," katanya.

Mengenai pencapaian tim sepak takraw Sulsel, dirinya mengaku sudah sesuai yang diharapkan. Apalagi sepak takraw baru saja merebut medali perunggu pada kejuaraan nasional antar-Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) 2014.

Untuk babak final menghadapi Jatim, pihaknya meminta seluruh atlet tetap fokus mengingat lawan yang akan dihadapi di babak final akan jauh lebih berat.

Pada pelaksanaan Popwil 2012, tim Sulsel berhasil mengalahkan Jatim dengan skor 3-0. Untuk pelaksanaan kali ini diharapkan bisa kembali melakukan hal serupa demi merebut medali emas di Popwil 2014.

"Kita berharap sepak takraw bisa kembali keluar sebagai juara seperti halnya pada pelaksanaan Popwil Makassar 2012. Saya kira peluangnya lebih besar karena diperkuat para atlet berkualitas," katanya.

Kadispora Sulsel, Ilham A Gazaling, sebelumnya menyatakan kembali bertekad mempertahankan pencapaian sebagai peringkat kedua Popwil 2012.

Demi merealisasikan harapan di Popwil, Sulsel mengandalkan 59 atlet yang terdiri dari 43 putra dan 16 putri.

Seluruh atlet yang akan mulai diberangkatkan hari ini akan mengikuti lima cabang olahraga yakni sepak bola (18 atlet), pencak silat (17 atlet), sepak takraw (12 atlet), Bulutangkis (delapan atlet) serta tenis lapangan dengan jumlah empat atlet.

Pihaknya juga meminta seluruh atlet yang tampil di Popwil 2014 untuk fokus agar bisa berprestasi sekaligus merebut tiket tampil di pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2015.

"Kita tentu berharap bisa menempati posisi runner up atau paling tidak bisa menempati posisi ketiga. Pesaing terberat Sulsel di Popwil 2014 tentu saja Jawa Timur, termasuk Kaltim yang memang selalu tampil merepotkan," ujarnya. ***3***

(T.KR-AKR/B/F003/F003) 14-10-2014 21:23:25

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024