Mamuju (ANTARA Sulbar) - Gedung Kesenian dan Kantor RRI yang terletak di Jalan Martadinata Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat, nyaris ikut terbakar setelah kobaran api menghanguskan padang ilalang kering seluas satu hektare lebih.

"Belum diketahui penyebab kebakaran pada lahan kosong yang ditumbuhi padang ilalang. Beruntung, gedung Kesenian yang belum rampung dan gedung RRI yang juga dalam tahap pekerjaan tidak ikut terbakar," kata Sulaiman salah seorang pekerja bangunan gedung RRI di Mamuju, Selasa.

Menurut dia, peristiwa ini ikut menggegerkan warga setempat karena ikut panik melihat kepulan asap disertai kobaran api terlihat makin meninggi.

Untung saja, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 12.30 Wita itu bisa memadamkan kobaran api setelah lima unit armada pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian.

"Petugas pemadam kebakaran tidak kesulitan menjinakkan kobaran api karena posisi lokasi tepat di pinggir jalan menuju pelabuhan Ferry atau berada di lokasi lahan kosong," katanya.

Ia menduga, kebakaran padang ilalang ini juga merupakan dampak kemarau yang cukup panjang sehingga warga diminta untuk tidak membuang puntung rokok atau melakukan pembakaran sampah.

Dalam kondisi kemarau seperti sekarang ini maka rentang terjadi musibah kebakaran.

"Seminggu yang lalu juga terjadi peristiwa serupa dengan menghanguskan areal kosong milik PT Passokkorang, yang juga ditumbuhi padang ilalang kering," ungkapnya lagi. Adi Lazuardi

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024