Makassar (ANTARA Sulsel) - Peringatan Hari Aksara Internasional wilayah Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulsel, 20-23 Oktober 2014 dirangkaikan sejumlah pertandingan cabang olahraga.

Pengawas Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Makassar Danil Lius, saat dihubungi dari Makassar, Selasa, mengatakan peringatan tahun ini mempertandingan sejumlah cabang olahraga hiburan dan prestasi seperti atletik, bola voli, sepak takraw termasuk lomba lari karung.

"Beberapa pertandingan memang dilaksanakan untuk lebih memeriahkan peringatan hari Aksara Internasional di Sidrap. Kami dari Makassar juga sengaja membawa beberapa atlet untuk ikut berpartisipasi," kata Danil yang merupakan pelatih atletik PPLP Sulsel tersebut.

Khusus cabang atletik, kata dia, hanya mempertandingkan satu nomor yakni 100 meter putra dan putri yang akan dilaksanakan Rabu. 24 Kabupaten/kota di Sulsel juga ikut berpartisipasi dalam sejumlah acara tersebut.

"Untuk cabang atletik memang sudah diatur setiap daerah hanya boleh menyertakan dua atlet dalam perlombaan. Meski hanya menjadi agenda rangkaian namun kami tetap menurunkan atlet terbaik untuk tampil di hari Aksara Internasional di Sidrap," jelasnya.

Sementara pada puncak acara, kata dia, akan dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. Kedatangan mantan bupati Gowa dua periode itu sekaligus menyerahkan penghargaan kepada bupati Pangkep dan bupati Sidenreng Rappang, Kamis.

Penghargargaan hari Aksara Internasional diberikan kepada dua bupati itu karena dianggap berhasil dalam penanggulangan buta aksara didaerah masing-masing.

Selain itu akan diberikan juga sejumlah penghargaan kepada juara lomba keberaksaraan warga belajar, keaksaraan pusat kegiatan belajar masyarakat (TBM) kreatif .

"Irfomasinya Gubernur akan menyerahkan dua penghargaan sekaligus menutup kegiatan. Untuk kegiatan ini diikuti seluruh kabupaten/kota di Sulsel," ujarya. A. Setiawan

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024