Makassar, (Antara) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyelenggarakan Jakarta Tourism Expo 2014 di Ratu Indah Mall Makassar, 24-26 Oktober 2014.

Penyelenggaraan di Makassar bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi warga kota ini menikmati aktivitas wisata di Jakarta dengan biaya terjangkau selama Oktober hingga Desember 2014, kata Ketua Bidang Promosi Disparbud DKI Jakarta Cucu A Kurnia di Makassar, Jumat.

Cucu didampingi Vice President Corporate Communication Citilink Beni Butar Butar, Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air, Agus Sudjono dan penulis buku tentang belanja Amelia Masniari atau Miss Jinjing.

Cucu mengatakan pelaksanaan JTE 2014 di Makassar merupakan bagian dari program Semarak Jakarta yang melibatkan para "stakeholder" industri pariwisata Jakarta dan biro perjalanan lokal yang telah dilaksanakan sejak 2008.

"Untuk 2014 selain Makassar dan Jayapura juga telah diselenggarakan di Palembang, Pangkal Pinang, Balikpapan, Manado, Solo dan Malang," katanya.

Penyelenggaraan JTE 2014 melibatkan lebih dari 30 industri pariwisata dari Jakarta, UKM binaan Disparbud DKI Jakarta, Citilink, Sriwijaya Air, pengelola hotel bintang dua hingga empat, pengelola obyek wisata, pusat perbelanjaan dan perusahaan biro perjalanan.

Dia mengatakan JTE 2014 menawarkan Paket Terbang Asyik yang memberikan tiket pesawat Sriwijaya Air atau Citilink (Makassar - Jakarta - Makassar) dengan harga mulai Rp1.410.000 per orang dan tiket gratis masuk Gondola Taman Impian Jaya Ancol untuk satu orang.

"Pada JTE 2014 pengunjung juga bisa mendapatkan Paket Kasur Terbang mulai dengan harga Rp1.510.000 per orang, akomodasi menginap satu malam di hotel berbintang plus makan pagi. Selain itu juga ada Paket Cermat dan Paket Kasur Asyik," katanya.

Cucu mengatakan pameran JTE 2014 juga akan menggelar program Crazy Sale Sabtu, 25 Oktober 2014 yang berlangsung hanya satu jam.

"Pada Crazy Sale pengunjung bisa mendapatkan harga spesial menginap di hotel berbintang di Jakarta mulai Rp99.000 per orang per malam. `Buy One Get One Free` untuk pembelian tiket Sriwijaya Air (Makassar - Jakarta - Makassar) seharga Rp1.238.700 dan diskon 50 persen tiket masuk Kidzania dan Gondola," katanya.

Dia mengatakan salah satu aktifitas belanja di Jakarta yang bisa dilakukan adalah mengunjungi Pasar Rawa Bening Jatinegara Jakarta Timur yang terkenal sebagai sentra penjualan batu mulia berkualitas dari berbagai jenis batu mulia termasuk batu bacan dari Pulau Halmahera Maluku.

Sementara itu Miss Jinjing mengatakan Jakarta tidak kalah dengan kota-kota besar di dunia.

"Singapura tidak punya kehidupan malam. Wisata kuliner di Jakarta lebih banyak. Hotel bintang lima di Jakarta lebih murah dibanding di Paris. Jakarta harus bisa mendunia," katanya.

Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024