Makassar (ANTARA Sulsel) - Tiga provinsi menyatakan kesiapannya meramaikan pelaksanaan kejuaraan terbuka kelompok umur (KU) dalam rangka peringatan HUT ke-46 Semen Tonasa di Kolam Renang Semen Tonasa Kabupaten Pangkep, Sulsel, 7-9 November 2014.

Ketua Harian PRSI Sulsel Abdul Muin di Makassar, Senin, mengatakan tiga daerah yang telah melakukan konfirmasi kehadirannya di kejuaraan terbuka 2014 ini yakni Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

"Sudah ada tiga provinsi diluar Sulsel yang menyatakan kesiapannya berpartisipasi. Kami tentu berharap kejuaraan ini bisa diikuti lebih banyak peserta sehingga membuat kualitas kejuaraan ikut meningkatn" jelasnya.

Selain tiga daerah yang sudah menyatakan kesiapannya, pihak penyelenggara juga masih menunggu konfirmasi dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara dan Gorontalo.

"Khusus Sulut sesuai informasi terakhir mengaku masih menunggu perkembangan kedepan. Adapun untuk daerah/kota di Sulsel juga sudah menyatakan siap mengirikan atlet terbaiknya menghadapi kejuaraan tersebut," jelasnya.

Pengprov PRSI Sulsel selaku penyelenggara juga memastikan kejuaraan kelompok umur ini bisa terlaksana sesuai jadwal. Pihaknya mengaku sudah mendapatkan anggaran dari pihak Semen Tonasa.

Pelaksanaan kejuaraan ini, kata dia, diharapkan semakin meningkatkan motivasi atlet khususnya dari Sulsel. Kejuaraan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang mencari pengalaman bagi seluruh atlet muda Sulsel yang memiliki potensi.

Kejuaraan terbuka kelompok umur mempertandingkan sejumlah nomor diantaranya gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya bebas untuk putra dan putri.

"Kejuaraan ini penting bagi perkembangan atlet renang Sulsel. Kita memang berupaya untuk menggelar sejumlah kejuaraan sehinggga meningkatkan motivasi atlet dalam berlatih. Apalagi kita tengah ditunggu jadwal penting yakni PON Remaja 2014," ujarnya.

Ketua Bidang pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, menyatakan dengan kejuaraan yang lebih intens akan membuat kualitas atlet semakin teruji. KONI Sulsel juga berharap dengan program pembinaan yang cukup merata di Sulsel akan mendatangkan prestasi bagi Sulsel baik diajang nasional hingga internasional. A Budiman

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024