Makassar (ANTARA Sulsel) - Pembentukan pimpinan Komisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang sempat beberapa kali mengalami penundaan, akhirnya resmi terwujud melalui rapat paripurna penetapan Tata Tertib DPRD.

Anggota DPRD Gowa Muhammad Fitriady di Makassar, Sabtu, mengatakan sesuai hasil pemilihan disepakati empat komisi yang menjadi alat kelengkapan di DPRD Gowa selain empat badan yang lain yakni Badan Kehormatan, Musyawarah, Anggaran, dan Legislasi.

"Sedangkan komisi membawahi bidang-bidang tertentu seperti Komisi I membawahi bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM. Komisi II membawahi bidang Ekonomi. Komisi III membawahi bidang Pembangunan, dan Komisi IV membawahi bidang Kesejahteraan Sosial," kata anggota DPRD Kabupaten Gowa termuda tersebut.

Dalam proses pemilihan pimpinan komisi di gedung DPRD Gowa tersebut, kata politisi PKS itu, khusus pemilihan ketua komisi IV berjalan lebih alot dibandingkan pemilihan ketua komisi I, II, dan III yang hanya memakan waktu tidak lebih dari 30 menit.

Khusus pemilihan ketua Komisi IV, lanjut dia, memang terbilang alot karena harus melakukan pemilihan ulang sebanyak dua kali.

Hal tersebut disebabkan pada pemilihan pertama, perolehan suara calon ketua yaitu Asriady dan Rafiuddin mendapat skor yang sama.

Begitu pula perolehan suara calon sekretaris antara M.Fitriady dan Kasim Sila juga mendapatkan suara yang sama. Sehingga diputuskan untuk menskorsing proses pemilihan guna memberikan kesempatan proses lobi dan melakukan pemilihan tahap kedua.

"Setelah melakukan `lobbying` cukup lama, dan pemilihan kedua dilaksanakan. Hasil voting kemudian memutuskan Asriady sebagai Ketua dan Sekretarisnya adalah M.Fitriady," kata Fitriady yang juga terpilih sebagai Sekretaris Komisi IV tersebut.

Berikut susunan lengkap Pimpinan Komisi DPRD Gowa periode 2014-2019 :

Komisi I : Yusuf Harun/Ketua (PAN), Andi Hikmawati/wakil (PDIP), Basir Bella/Sekretaris (PPP)
Komisi II : Ahmad Tombong/Ketua (Gerindra), H Jufri/Wakil (PAN), Muhammadong Rate/Sekretaris (PKS)
Komisi III: Akbar Danu/Ketua (Golkar) Jabbar Itung/Wakil (Hanura), Razak/Sekretaris (Gerindra)
Komisi IV : Asriady Arasy/Ketua (Demokrat), Ramli Rewa/wakil (PDIP), Muh. Fitriady/Sekretaris (PKS).

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024