Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 200 atlet siap bersaing menjadi yang terbaik pada kejuaraan terbuka renang HUT ke-46 Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, 7-9 November 2014.

Ketua Harian PRSI Sulsel Abdul Muin di Makassar, Selasa, mengatakan atlet tersebut berasal dari tujuh provinsi yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Sulsel sebagai tuan rumah.

Khusus dari Merauke Papua, kata dia, mengirimkan dua perenang terbaiknya pada kejuaraan tersebut.

"Jumlah peserta sesuai yang kita harapkan. Saya kira dengan keterlibatan sejumlah provinsi pada ajang ini tentu akan semakin meningkatkan kualitas kejuaraan. Kami juga mengapresiasi komitmen sejumlah daerah dalam memeriahkan kejuaraan," jelasnya.

Seluruh atlet, kata dia, akan tampil pada lima kategori usia yakni kelompok umur V (-8 tahun), KU IV (9-10 tahun), KU III (usia 11-12 tahun), KU II (usia 13-15 tahun) serta KU I yang berusia 16 tahun keatas.

Para atlet dari tujuh provinsi itu akan mengikuti sejumlah nomor pertandingan seperti gaya dada, gaya, punggung, gaya kupu-kupu dan gaya bebas putra dan putri di Kolam Renang Semen Tonasa.

"Kami dari pihak penyelenggara terus mematangkan persiapan sehingga pelaksanaan pertandingan dapat berjalan lancar. Kami juga berharap dukungan masyarakat demi suksesnya acara," katanya.

Pada kelaksanaan kejuaraan HUT Semen Tonasa 2014, kata dia, diharapkan semakin meningkatkan motivasi atlet khususnya dari Sulsel. Kejuaraan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang mencari pengalaman bagi seluruh atlet muda Sulsel yang memiliki potensi.

"Kejuaraan ini penting bagi perkembangan atlet renang Sulsel. Kita memang berupaya untuk menggelar sejumlah kejuaraan sehinggga meningkatkan motivasi atlet dalam berlatih. Apalagi kita tengah ditunggu jadwal penting yakni PON Remaja 2014," ujarnya.

Ketua Bidang pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, menyatakan dengan kejuaraan yang lebih intens akan membuat kualitas atlet semakin teruji. KONI Sulsel juga berharap dengan program pembinaan yang cukup merata di Sulsel akan mendatangkan prestasi bagi Sulsel baik diajang nasional hingga internasional. AJS Bie

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024