Makassar (ANTARA Sulsel) - Timnas Dayung Indonesia menargetkan merebut dua medali emas pada kejuaraan Asia kategori rowing di Danau Tanjung Bunga Makassar, Sulawesi Selatan, 27-30 November 2014.

Sekjen PB PODSI Edy Suyono di Makassar, Minggu, mengatakan target dua medali emas itu cukup realistis melihat komposisi atlet yang akan diturunkan. Timnas juga tetap berharap medali emas dari atlet putri yakni Dewi di nomor single scull (M1X).

"Kita juga punya peluang besar merebut medali dari nomor min rowing empat yang akan diperkuat beberapa atlet berpengalaman seperti Thomas, Mohammad Alidarta serta Agung Budi Aji," katanya.

Untuk semakin menjaga peluang merealisasikan target, kata dia, Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) akan menurunkan tiga tim di kejuaraan Asia tersebut.

"Dari 38 atlet pelatnas yang kini memperkuat tim pelatnas, 26 diantaranya akan kita turunkan di kejuaraan ini. Mudah-mudahan dengan persiapan yang dilakukan sejauh ini bisa membuka peluang kita meraih hasil terbaik," jelasnya.

Wakil Ketua Umum PB PODSI Budiman Setiawan, mengatakan untuk kualitas lawan yang akan dihadapi memang cukup sulit namun bukan halangan untuk mencapai prestasi.

Dari beberapa kejuaraan, pihaknya tetap memberikan kewaspadaan terhadap beberapa negara seperti dari China Taipe dan Hongkong. Kualitas negara tersebut telah dibuktikan saat tampil di Asian Games Korea Selatan 2014.

Sedangkan untuk Malaysia, Filipina, dan Thailand, secara kualitas bisa dikatakan masih berada dibawah timnas. Meski demikian tetap akan menjadi ancaman bagi timnas dalam mempersembahkan yang terbaik pada ajang yang kedua tersebut.

"Untuk Iran dan Korea Selatan juga memiliki potensi yang tidak berbeda jauh dengan China Taipe. Intinya kami minta seluruh atlet yang kita turunkan mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya di ajang nanti, ujarnya.

Ketua Panitia Kejuaraan Asia Adil Patu, menambahkan untuk persiapan kejuaraan sudah hampir rampung reluruhnya. Pihaknya bersama PB PODSI juga akan segera menyelesaikan persoalan akomodasi atlet selama berada di Makassar.

"Kami sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah hotel untuk menyukseskan kejuaraan. Untuk peralatannya juga sudah tiba di Makassar," jelasnya. Agus Setiawan

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024