Makassar (ANTARA Sulsel) - Perguruan Shotokan Karate-do Interational Federation Indonesia (SKIFI) Makassar sukses menggelar latihan bersama (gashuku) dan ujian kenaikan tingkat yang pertama kalinya di Lemoa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Ketua SKIFI Makassar, Aswan Ali di Makassar, Kamis, mengatakan kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan sejak terbentuknya SKIFI Makassar, 1 Juni 2014 ini dimaksudkan untuk memperkenalkan lebih dalam tujuan didirikannya SKIFI Makassar di Sulawesi Selatan.

"Kegiatan yang bertemakan menyatu dengan alam ini diikuti sekitar 300 karateka dan sahabat SKIFI Makassar. Kami tentu berupaya untuk melaksanakan secara berkelanjutan demi perkembangan SKIFI di Sulsel," katanya.

Program latihan bersama dipimpin langsung Aswan Ali (Karate DAN V). Latihan bersama ini, kata dia, merupakan upaya memperbaiki dan menyamakan teknik gerakan-gerakan karate shotokan yang menjadi afiliasi organisasi ini.

Ilmu yang diperoleh oleh Aswan Ali melalui seminar di beberapa negara bersama pendiri Shotokan Karate-Do International (SKI) Hirokazu Kanazawa, diharapkan bisa dipahami dan dimenregrti seluruh anggota perguruan.

Selain kegiatan latihan bersama dan Ujian, dilaksanakan pula pemutaran film-film karate dan kejuaraan dunia karate usia dini, serta penanaman nilai-nilai sumpah karate di kalangan karateka.

SKIFI Makassar, lanjut dia, terus berupaya membina generasi muda dengan serangkaian kegiatan positif yang dapat membangun karakter, inovasi dan kreativitas anggotanya sehingga kelak mereka dapat menjadi bagian masyarakat yang dapat membangun bangsa dan menjadi manusia mandiri.

Keprihatinan akan kondisi generasi muda dan buruknya citra tokoh-tokoh yang sebelumnya menjadi kebanggaan bangsa diangkat di dalam pengarahan di depan anggota SKIFI Makassar. Ini dimaksudkan untuk mengingatkan dan lebih mengaplikasikan semangat sumpah karate di kehidupan sehari-hari.

Sekretaris SKIFI Makassar, Sensei Sahlan, mengatakan kejujuran dan kesopanan menjadi topik utama dalam kegiatan tersebut.

"Karate-ka SKIFI Makassar harus sanggup patuh kepada kejujuran baik di sekolah atau dimana saja. Kita harus sanggup menjaga sopan santun bagi sesama terutama kepada orang tua," ungkapnya.

Gashuku ini ditutup dengan penyerahan plank SKIFI Makassar Dojo Manuju yang sebelumnya telah pengumuman kelulusan peserta ujian dan penyampaian kegiatan kejuaraan SKIFI Makassar pada awal tahun depan. Agus Setiawan

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024