Makassar (ANTARA Sulsel) - Kota Makassar kembali menggelar agenda internasional bertajuk "Losari International Dragon Boat" di Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, 22-23 November 2014.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto yang membuka lomba perahu naga itu di Pantai Losari Makassar, Sulsel, Sabtu, mengatakan, Makassar sebagai "water front city" (kota tepi pantai) harus memanfaatkan potensi laut sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Makassar.

"Alhamdulillah, sesuai jadwal akhirnya lomba bertaraf internasional ini resmi kita buka dan sedikitnya ada sembilan negara yang ikut meramaikan lomba perahu naga ini," ujarnya.

Danny sapaan akrab wali kota mengatakan, Losari adalah kebanggan Kota Makassar dan oleh karena itu, dirinya bertekad akan memperbanyak kegiatan bahari sambil memperkenalkan Losari Makassar ke dunia.

Kota Makassar yang sejak zaman dahulu sudah terkenal dengan lautnya dan perniagaan ke mancanegara juga banyak dilakukan melalui jalur laut itu. Karenanya semakin banyak kegiatan, orang-orang akan datang ke Makassar dan merasakan manfaatnya.

Deputi Menpora bidang Pembudayaan Olahraga, Faisal Abdullah, memberi apresiasi kepada Pemerintah kota (Pemkot) Makassar yang selalu memberi perhatian besar terhadap olah raga perahu naga. Penyelenggaraan event internasional akan memberi citra positif terhadap kota Makassar.

"Kota Makassar akan maju pesat dan dengan sejumlah agenda-agendanya yang diminati oleh orang-orang luar. Karena pemerintahnya memiliki kepedulian. Selain itu, saya juga suka dengan kulinernya," katanya.

Faisal juga memuji kuliner khas Makassar. Menurutnya, masakan Makassar memiliki ciri khas tersendiri dan memiliki begitu banyak aneka makanan yang setiap jam mempunyai menu berbeda.

"Saya suka sekali kuliner disini, apalagi yang berkuah, seperti konro, coto dan sop saudara. Dari Sabang sampai Merauke, cuma ikan di Makassar yang rasanya terbaik dan segar," kata Faisal.

Ketua Pelaksana "Losari International Dragon Boat" Arwan Tjahyadi mengatakan ajang bergengsi yang merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya ini sebagai rangkaian peringatan hari ulang tahun Kota Makassar yang ke-407.

"Kejuaraan ini akan diikuti sejumlah negara. Kami tentu optimistis bisa melaksanakan kegiatan ini dengan sukses seperti halnya pelaksanaan 2012 dan 2013," katanya.

Arwan mengungkapkan, dalam pelaksanaan pertama pada 2012 diikuti 10 negara diantaranya China, Hongkong, Australia, Malaysia, Singapura, Pilipina, Selandia Baru, Taiwan serta Indonesia.

Sementara pelaksanaan 2013 diikuti sekitar 200 peserta dari delapan negara yakni Singapura, Malaysia, Iran, India, Australia, Inggris, Filipina, serta Indonesia sebagai tuan rumah.

Pada pelaksanan 2014, kata dia, akan mempertandingkan sejumlah nomor diantaranya dragon boat 500 meter putra, putri dan campuran. Penyelengara juga mempertandingkan sejumlah nomor yang dikhususkan bagi peserta lokal.

"Kita juga telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 300 juta bagi seluruh pemenang. Untuk kejuaran khusus lokal akan kita laksanakan lebih awal yakni 21 November 2014," jelasnya seraya menambahkan bahwa kejuaran tersebut juga sudah terdaftar di Internasional Dragon Boat Federation (IDBF).  J Suswanto

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024