Makassar (ANTARA Sulsel) - Atlet asal Sulawesi Selatan (Sulsel), Lismawati Illang, sukses menyumbangkan medali perak bagi timnas Indonesia pada ajang Asian Beach Games (ABG) di Phuket, Thailand, 14-23 November. 

Pelatih Atletik Sulsel Abdul Kadir di Makassar, Minggu, mengatakan atlet pelatnas SEA Games 2015 itu berhasil menyabet medali perak pada nomor beregu 6 km.

"Kami tentu bersyukur karena Lismawati dapat juara II. Apa yang diraihnya tentu saja semakin membuktikan jika dirinya memang layak memperkuat timnas dan tetap bertahan di pelatnas SEA Games 2015," jelasnya.

Dalam kompetisi multi-event itu, kata dia, Lismawati turun pada dua nomor kelompok. Selain nomor beregu 6 km, peraih medali emas kejurnas senior 2013 itu juga bermain pada nomor estafet 4 x 60 m. Namun khusus kelas itu, dirinya mengaku belum mendapat informasi terakhir.

Kesuksesan Lismawati di ajang ABG Thailand itu, diharapkan terus berlanjut pada kompetisi lainnya. Terlebih, Lismawati diproyeksikan memperkuat tim atletik Indonesia dalam Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) ASEAN di Palembang, Sumatera Selatan, 9-15 Desember mendatang.

Pada pelaksanaan POM ASEAN 2014, lanjut dia, terdapat dua atlet atletik Sulawesi Selatan yang dipersiapkan tampil. Selain Lismawati juga terdaftar nama Ayu Ariandani yang merupakan atlet spesialis lempar lembing.

Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan, Ad`dien, mengaku bangga atas prestasi Lismawati di Thailand. Hanya saja keberhasilan pada nomor beregu sulit dijadikan tolok ukur peningkatan kualitas atlet karena nomor perlombaan ABG mengarah ke olahraga rekreasi.

Namun begitu, menurut dia, raihan Lismawati cukup membanggakan. Apalagi ajang itu berskala internasional sehingga atlet yang berlaga merupakan yang terbaik dari setiap negara. Pihaknya juga berharap prestasi ini berdampak bagi motivasi atlet yang lain.

Sekretaris Umum PASI Sulsel itu menjelaskan, Lismawati termasuk salah satu atlet andalan Sulawesi Selatan. Tak heran, mahasiswi Universitas Negeri Makassar ini masuk dalam program pembinaan atlet unggulan daerah.

Terkait rencana partisipasi Lismawati dan Ayu Ariandani pada POM ASEAN, pihaknya belum mengetahui. Pihaknya juga masih menunggu surat rekomendasi resmi dari pihak terkait.

"Lismawati kita jagokan sebagai pendulang medali provinsi ini pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat," katanya. Yuniardi

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024