Kendari (ANTARA Sulsel) - Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Produktivitas Nasional P2KPN, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara, terus memotivasi mahasiswa agar menjadi wirausahawan yang maju dan dapat menghasilkan produk yang bersaing.

Ketua P2KPN UHO, Syukur, di Kendari, Minggu, mengatakan, motivasi yang dilakukan pihaknya, kepada mahasiswa bertujuan untuk meningkatkan semangat dan untuk membentuk serta membangkitkan sikap wirausaha mahasiswa.

"Untuk membentuk perilaku dan kemampuan mahasiswa dalam menjalankan usaha serta dapat menghasilkan produk yang kreatif, mahasiswa perlu terus dimotivasi," ujarnya.

Ia menambahkan, jiwa wirausaha harus ditumbuhkan sejak dari mahasiswa, agar dapat mulai menekuni usaha yang begerak dalam bidang jasa maupun usaha kreatif lainnya.

Menurut dia, dengan menanamkan jiwa wirausaha sejak dari mahasiswa akan menciptakan pengusaha-pengusaha muda yang memiliki daya saing dan inovasi dalam mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia kedepan.

"Walau saat ini usaha yang dimiliki mahasiswa binaan kami masih tergolong sebagai usaha kecil dan menengah tetapi kami yakin dengan keseriusan dari mereka dalam berwirausaha dapat menjadikan mereka sebagai individu yang mandiri," ujarnya.

Menurut dia, dengan usaha yang dijalankan mahasiswa dapat menyerap tenaga kerja, sehingga tingkat pengangguran dapat dikurangi.

Sekitar 60 persen penopang perekonomian Indonesia saat ini adalah sektor usaha mikro, kecil, dan menengah. Maka dari itu sektor tersebut harus mendapatkan sentuhan kreatif dan inovatif dari mahasiswa.

"Kita inginkan mahasiswa dapat mengembangkan ekonomi kreatif untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, yang hari ini didominasi oleh sektor usaha mikro," ujarnya.

Ia menambahkan, sentuhan inovasi dan kreatifitas terhadap produk yang dihasilkan dapat memuaskan pasar sehingga mahasiswa yang berwirausaha mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Ia juga menyebutkan, beberapa produk yang telah dihasilkan dari mahasiswa binaannya yakni kacang mete aneka rasa, telur asin aneka rasa, usaha di bidang peternakan, usaha bidang kuliner dan banyak usaha lainnya.

Data mahasiswa yang mengikuti progran P2KPN dari tahun 2009 hingga 2014 tercatat sebanyak 325 orang, yang terdiri dari tahun 2009 sebanyak 88 orang, 2010 sebanyak 88 orang, 2011 sebanyak 75 orang, 2013 sebanyak 26 orang dan 2014 sebanyak 28 orang.  FC. Kuen

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024