Makassar (ANTARA Sulsel) - Federasi internasional perahu naga (IDBF) mengapresiasi komitmen tuan rumah Palembang untuk menggelar dan menyukseskan kejuaraan internasional perahu naga di Palembang, Sumatera Selatan pada 24-29 November 2014.

"Tuan rumah Palembang begitu fokus dalam menyukseskan kejuaraan. Salah satunya dengan kesiapan menanggung biaya akomodasi dan transportasi bagi seluruh peserta," kata Perwakilan IDBF Phil Reader di Makassar, Sulsel, Senin.

Keputusan tuan rumah menanggung biaya akomodasi dan transportasi tentu saja membuat negara merasa terbantukan. Kondisi itu membuat seluruh peserta semakin termotivasi untuk hadir dan memeriahkan kejuaraan internasional tersebut.

Pada pelaksanaan kejuaraan perahu naga di Palembang, kata dia, diikuti sebanyak tujuh negara diantaranya Taiwan, Hong Kong, Iran, Filipina, Singapura,Malaysia serta Indonesia yang bertindak selaku tuan rumah.

"Palembang itu pemerintahnya sangat perhatian dengan bersedia menanggung biaya akomodasi dan transportasi. Kami tentu berharap kegiatan seperti ini terus bisa dilaksanakan secara rutin di Indonesia," jelasnya.

Organisasi perahu naga internasional itu, lanjut dia, selama 2014 ini telah melaksanakan kejuaraan sama disejumlah negara seperti di Australia, Korea Selatan, Italia termasuk Indonesia.

Khusus di Indonesia, baru saja dilaksanakan kejuaraan serupa bertajuk "Losari International Dragon Boat" di Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, 22-23 November 2014.

Kejuaraan yang memasuki pelaksanaan yang kalinya itu diikuti tiga negara yakni Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Jumlah peserta atau negar pada pelaksanaan kejuaraan perau naga internasional kali ini mengalami penurunan diandingkan pada 2013 yang dihadiri delapan negara yakni Inggris, Iran, India, Filipina, Australia, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Sementara pada pelaksanaanyang pertama justru lebih banyak dengan diikuti 10 negara yakni China, Hongkong, Australia, Malaysia, Singapura, Pilipina, Selandia Baru, Taiwan serta Indonesia. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024