Makassar (ANTARA Sulsel) - Atlet takraw asal Sulawesi Selatan berkontribusi menyumbangkan medali perak dan perunggu bagi timnas Indonesia pada ajang Asian Beach Games (ABG) di Phuket, Thailand, 14-23 November. 

Pelatih sepak takraw Sulsel, Muhammad Amkar, di Makassar, Senin, mengatakan untuk medali perak dipersembahkan atlet putra atas nama Muhammad Ruswan Wajin dan Firmansyah. Sedangkan untuk medali perunggu diraih atlet putri Sulsel yakni Kusnelia.

"Tim putra harus puas meraih medali perak setelah dikalahkan tuan rumah Thailand di partai final. Saya kira hasil ini sudah maksimal sebab Thailand memang lebih sulit dikalahkan apalagi tampil sebagai tuan rumah di ABG 2014," katanya.

Mengenai potensi ketiganya kembali memperkuat timnas di SEA Games 2015, dirinya mengaku cukup optimistis. Keberhasilan meraih medali di ABG dan Asian Games 2014 menjadi salah satu tolok ukur akan kualitas atlet Sulsel tersebut.

"Kami tentu ikut berbangga dengan pencapaian seluruh atlet di ABG 2014. Ini juga semakin membuktikan kualitasnya setelah sebelumnya juga menyumbangkan medali perunggu di Asian Games Korea Selatan," jelasnya.

Sebelumnya, pelari Sulsel Lismawati Illang juga sukses mempersembahkan medali perak untuk Indonesia. Perolehan medali perak dari atlet pelatnas SEA Games 2015 itu diraih pada nomor beregu 6 km.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, menyatakan bersyukur dan bangga dengan prestasi atlet Sulsel saat memperkuat timnas. Prestasi ini sebagai bukti bahwa kualitas atlet memang bisa diandalkan.

Pihaknya juga berharap dengan pemanggilan atlet memperkuat timnas secara rutin semakin mematangkan dan meningkatkan kualitas atlet yang bersangkutan.

Kondisi itu penting karena akan menghadapi ajang penting seperti babak kualifikasi dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016.

"Sepak takraw dan atletik merupakan cabang andalan Sulsel dalam meraih medali PON 2016. Saya kira dengan keterlibatan atlet secara rutin di pelatnas akan berimbas pada peluang Sulsel di PON Jabar 2016," ujarnya. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024