Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sulawesi Selatan mengajukan permohonan agar bisa menurunkan dua tim menghadapi kejuaraan nasional senior di GOR Sudiang Makassar, Sulsel, 29-30 November 2014.

Sekretaris Umum PJSI Sulsel, Zainal Bustar di Makassar, Selasa, mengatakan berharap mendapat hak istimewa dari PB PJSI karena status sebagai tuan rumah.

"Kita siapkan dua tim dengan total sebanyak 32 pejudo yang terdiri dari 16 tim inti dan lainya sebagai tim lapis kedua. Meski sebelumnya tidak pernah ada hak istimewa namun kami tetap berharap pengajuan ini disetujui," katanya.

Pengprov PJSI Sulsel telah memasukkan permohonan secara resmi ke PB PJSI di Jakarta. Untuk kepastian apakah permohonan itu disetujui atau justru ditolak, dirinya mengaku baru akan ditetapkan jelang pelaksanaan.

Mengenai keputusan Sulsel menurunkan dua tim di kejurnas 2014, sebagai upaya memberikan pengalaman lebih bagi atlet muda Sulsel. Apalagi tim lapis kedua ini memang diproyeksikan sebagai lawan ujicoba atet utama Sulsel kedepan.

Selain itu, kata dia, keterlibatan tim pelapis juga sebagai antisipasi jika ada atlet dari tim utama yang pada akhirnya mengalami masalah jelang tampil di kejurnas yang merupakan babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar 2016.

"Mudah-mudahan apa yang kita ajukan mendapat respon positif dari PB. Kami memang berupaya memanfaatkan momentum sebagai tuan ruah untuk melihat perkembangan seluruh atlet Sulsel," jelas Sekum yang baru saja ditunjuk dalam Musda PJSI Sulsel beberapa waktu lalu.

Ketua Bidang Organisasi PJSI Sulsel, Azis Parassa, menjelaskan baik tim utama atau tim pelapis akan diturunkn pada 16 nomor pertadingan.

Seluruh nomor pertandingan yakni kelas 55 kg, 60kg, 66kg, 73kg, 81kg dan kelas 90kg putra. Sementara atlet putri pada kelas 45kg, 48kg, 52kg, 57kg, 63kg, dan kelas 78kg keatas.

Pada pelaksanaan kejurnas senior 2014, lanjut dia, ditargetkan diikuti hingga 400 atlet dari berbagai daerah di Tanah Air.

Pihak penyelenggara juga telah mengundang seluruh provinsi di Indonesia. Dari 34 provinsi yang ada, 26 diantaranya memang secara rutin melibatkan atlet terbaiknya dalam setiap kejuaraan.

"Jumlah itu juga berdasarkan pengalaman dibeberapa kejuaraan nasional sebelumnya. Kami memang berharap pada pelaksanaan kejurnas di Makassar dapat diikuti banyak peserta demi meningkatkan kualitas kejuaraan,"ujar mantan Sekum PJSI Sulsel tersebut. A Budiman

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024