Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 12 atlet pelatnas SEA Games 2015 akan meramaikan pelaksanaan kejuaraan nasional judo senior di GOR Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, 29-30 November 2014.

Sekum PJSI Sulsel sekaligus panitia kejurnas, Zainal Bustar di Makassar, Selasa, mengatakan, para atlet pelatnas tersebut di kejurnas 2014 bukan tampil mewakili daerah masing-masing melainkan atas nama tim pelatnas SEA Games Singapura 2015.

"Para pejudo pelatnas akan membawa nama tim pelatnas di kejurnas senior. Keterlibatan sejumlah atlet pelatnas tentu saja akan semakin meningkatkan kualitas kejuaraan dan itu sesuai dengan harapan tuan rumah," katanya.

Puluhan atlet pelatnas tersebut, kata dia, akan turun di sejumlah nomor pertandingan kelas putra dan putri. Kejurnas senior 2014 mempertandingkan 16 nomor antara lain 55 kg, 60 kg, 66 kg, 73 kg, 81 kg dan kelas 90 kg putra. Sementara atlet putri pada kelas 45 kg, 48 kg, 52 kg, 57 kg, 63 kg, dan kelas 78 kg ke atas.

Keterlibatan para atlet nasional di kejurnas dipercaya akan membuat kejuaraan semakin ketat. Kehadiran pejudo pelatnas juga diharapkan semakin memotivasi atlet lain untuk bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya di kejurnas.

"Kami tentu berharap kejurnas senior Makassar mampu melahirkan para pejudo terbaik sehingga bisa mengharumkan nama negara di ajang internasional," jelasnya.

Khusus untuk tim Sulsel, dirinya berharap seluruh atlet tetap fokus dan tidak gentar meski menghadapi lawan yang lebih diunggulkan.

Tim judo Sulsel juga tetap mewaspadai beberapa atlet yang selama ini cukup mendominasi seperti DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Kita sebagai tuan rumah berharap bisa menurunkan 32 tim yang terdiri dari tim utama dan lapis kedua. Mudah-mudahan pengajuan kita disetujui sehingga semakin membuka peluang meraih hasil maksimal," ujar Sekum PJSI Sulsel yang baru saja ditunjuk tersebut.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel, Nukhrawi Nawir, berharap dengan pelaksanaan kejurnas di Makassar akan memberikan pengaruh positif bagi perkembangan dan prestasi cabang olahraga judo di Sulsel kedepan.

Mengenai pencapaian judo Sulsel, khususnya di PON 2012 yang mengalami penurunan, dirinya berharap dengan pelaksanaan kejurnas ini menjadi momentum kebangkitan Sulsel pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat 2016.  FC Kuen

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024