Makassar (ANTARA Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo melakukan panen cabai di Taman Maccini Sombala of Indonesia, Makassar, Rabu.

"Cabai adalah salah satu komoditi yang mempengaruhi inflasi dan harganya naik sebulan terakhir, kita punya cadangan untuk memastikan tersedianya komoditi ini di pasar," kata Gubernur sebelum memanen cabai di taman yang terletak di Jalan Nuri, Makassar tersebut.

Selain cabai, Taman Maccini Sombala of Indonesia juga ditanami beragam sayuran dan buah diantaranya labu kuning, terong, melon, dan semangka. Gubernur berharap taman ini juga dapat menjadi sarana belajar khususnya bagi anak-anak di Kota Makassar.

"Berbeda dengan zaman kita dulu, anak-anak sekarang mungkin tidak pernah melihat secara langsung bagaimana tanaman sayur dan buah-buahan, dengan berkunjung ke taman ini mereka bisa melihat dan belajar secara langsung tentang tanaman tersebut," ujarnya.

Syahrul mengatakan bahwa konsep Taman Maccini Sombala of Indonesia ini juga akan dikembangkan di kota/kabupaten lain di Sulsel.

"Yang di Makassar ini hanya titik awal, kita ingin agar nantinya setiap kota atau kabupaten memiliki taman semacam ini, yang saat ini sudah mulai di Kabupaten Gowa, Maros, dan Pangkep," paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel Lutfi Halide mengatakan saat ini sudah ada beberapa sekolah yang menyurati pihaknya terkait izin untuk membawa siswa mereka berkunjung ke taman ini.

"Kami menyambut baik hal ini, dan kami berharap pihak media juga terus membantu untuk mensosialisasikan taman ini kepada masyarakat," katanya.  Biqwanto

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024