Mamuju (ANTARA Sulbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat telah mempersiapkan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada tiga kabupaten yang bakal berlangsung pada 11 November tahun 2015.

"Merujuk pada peraturan presiden (Perppu) maka pilkada langsung tetap dipersiapkan. Di Sulbar terdapat tiga daerah yang bakal melaksanakan Pilkada serentak yakni di kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) dan Mamuju Utara (Matra)," kata Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuria di Mamuju, Rabu. 

Menurut dia, daerah yang melaksanakan Pilkada itu secara intensif telah membangun koordinasi dengan pemerintah daerah termasuk melalui pertemuan koordinasi yang difasilitasi KPU Provinsi dengan melibatkan pemkab dan KPU kabupaten termasuk pemprov juga telah disampaikan masing-masing perkembangan tahapan persiapan Pemilukada untuk setiap KPU kabupaten.

"Kami melihat persiapan pelaksanaan tahapan Pilkada setiap kabupaten telah sudah cukup maju terutama dalam mengkoordinasikan persiapan penganggaran Pemilukada," kata Usman Suhuriah.

Selain itu, sejumlah hal kesepahaman untuk pengajuan anggaran dan draf tahapan pilkada relatif telah dipahami bersama. Sejumlah rumusan berkenaan dengan keperluan untuk menjalankan pilkada serentak juga dipahami bersama termasuk hambatan dan peluang yang dihadapi.

"Ada kesepakatan untuk memperkuat lagi koordinasi dengan berbagai pihak sebelum benar- benar secara teknis oleh KPU kabupaten dinyatakan siap menyelenggarakan pilkada serentak untuk Sulbar 2015 tahun depan," kata mantan Ketua KPU Polman ini.

Usman menyampaikan, penentuan hari pelaksanaan pilkada serentak, maka KPU RI telah melakukan simulasi untuk dilaksanakan pada 11 November 2015.

Ia menerangkan, berdasarkan simulasi ini maka setiap KPU kabupaten memang menjadi terbantu dalam menyusun draf tahapan pilkada dengan adanya proses penjadwalan hari pelaksanaan pilkada.

"Jadwal pilkada memang menjadi sangat penting, karena dengan adanya jadwal itu maka kita bisa menghitung dengan cermat tahapan pilkada yang akan menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pilkada," katanya.

Mengenai kepastian hari untuk pilkada serentak secara nasional tanggal dan harinya memang belum valid meski tanggal 11 November ini juga besar kemungkinan akan menjadi hari pelaksanaan pilkada serentak secara nasional untuk Pilkada 2015.  S Muryono   

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024