Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim dayung Korea Selatan menyatakan kondisi cuaca di Makassar yang panas menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh atlet dalam meraih prestasi kejuaraan rowing Asia di Danau Tanjung Bunga Makassar, Sulawesi Selatan, 28-30 November 2014.

Manajer Tim Dayung Korsel Duhwan di Makassar, Jumat, mengatakan kondisi cuaca di Makassar memang cukup berpengaruh terhadap penampilan atlet. Apalagi atlet memang tidak terbiasa dengan cuaca panas karena berbeda dengan di Korea Selatan yang lebih dingin.

"Perbedaan cuaca antara Korea Selatan dan Makassar tentu berpotensi mempengaruhi stamina atlet. Atlet kita juga terlihat kesulitan beradatasi dan cukup berpengaruh terhadap penampilannya," katanya.

Meski diakui memberikan pengaruh namun jika melihat hasil yang diraih atlet Korsel sepertinya tidak cukup memberikan efek yang besar. Itu dibuktikan dengan pencapaian seluruh pedayung Korsel yang mampu tampil sebagai yang tercepat pada pelaksanaan hari pertama.

Bahkan Korea Selatan tetap bisa tampil mendominasi dengan suksesnya empat padayungnya merebut tiket final yang direncanakan Minggu, 30 November 2014.

Empat pedayung Korsel itu masing-masing Lee Hakbeom di nomor Lightweight Mens Single Scull (LM1X) tampil sebagai yang tercepat dengan cacatan waktu 1 menit 47,94 detik. Catatan waktu Lee lebih baik dari pesaing terberatnya Benjamin Jr (Filipina) dan Budi Santoso diurutan kedua dan ketiga.

Selanjutnya Kim Yeji yang turun di nomor womens single scull (W1X) heat 2 dengan catatan waktu 3 menit 20,94 detik. Lalu Kim Dong Yong yang turun di nomor mens single scull (M1X) yang juga sukses sebagai yang tercepat dengan waktu 2 menit 55,94 detik.

Hasil serupa juga dipersembahkan Ji Yoo Jin yang meraih finis tercepat di nomor women single scull (LW1X). Atlet andalan Korsel itu sukses mengalahkan dari Hong Kong, Thailand, dan China Taipe.

"Kami memang tidak membebankan atlet harus meraih medali emas di kejuaraan Asia. Apalagi kita masih sulit beradaptasi dan seluruh atlet juga belum terlalu fit seusai tampil di Asian Games," ujarnya. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024