Makassar (ANTARA Sulsel) - Timnas perahu naga Indonesia berencana memanggil 14 atlet baru untuk bergabung dalam pelatnas menghadapi SEA Games Singapura 2015.

Manajer Tim Perahu Naga Indonesia, Young Mardinal, saat dihubungi dari Makassar, Senin, mengatakan 14 atlet itu akan melengkapi 28 pedayung yang sebelumnya telah bergabung di pelatnas. Pemanggilan atlet rencananya akan dilaksanakan awal Januari 2015.

"Rencananya kita akan menambah sebanyak 14 atlet baru untuk masuk tim pelatnas. Seluruh atlet yang baru ini telah menunjukkan potensinya saat memperkuat daerahnya di kejurnas Makassar 2014," jelasnya.

Saat ini, kata dia, sudah ada sebanyak 28 pedayung pelatnas yang terdiri dari 14 atlet putra dan putri. Seluruh atlet masih akan berjuang memperebutkan kuota tampil di SEA Games 2015.

"Tentu saja tetap menerapkan sistem promosi degradasi bagi setiap atlet. Kami hanya berharap dengan lebih banyak atlet akan membuat persaingan lebih ketat. Ini juga penting demi menjaga motivasi seluruh atlet," katanya. 

Pelatih Dayung Sulsel Baso Akbar, berharap ada lagi atlet Sulsel yang bisa menembus tim pelatnas SEA Games 2015. Pihaknya juga tetap optimistis dengan kemampuan yang dimiliki sejumlah atlet Sulsel.

Dalam pelatnas perahu naga SEA Games 2015, sudah ada empat atlet Sulsel yang bergabung yakni Wahyudi Tarra, Syahrul Syaputra, Teguh Septian, serta Dedi Irianto. Sementara pedayung putri Sulsel yakni Oktaviani, terpaksa dipulangkan karena beberapa kendala.

"Kami berharap seluruh atlet yang bergabung saat ini tetap bertahan dan bisa masuk tim inti SEA Games 2014. Saya kira peluang itu lebih terbuka dengan pencapain sejumlah atlet saat memperkuat Sulsel di kejurnas Makassar 2014," ujarnya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, mengaku bangga dengan lolosnya empat atlet Sulsel memperkuat Indonesia di kejuaraan dunia tersebut. Pihaknya juga berharap seluruh atlet terus fokus meningkatkan kemampuan demi menjaga peluang meraih prestasi.

Keterlibatan atlet di kejuaraan internasional juga diharapkan memberikan efek positif bagi Sulsel. Apalagi atlet yang bersangkutan akan menjadi tumpuan Sulsel di Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar 2016.

"Dayung masih menjadi salah satu cabang andalan Sulsel di PON 2016. Mudah-mudahan pengalamannya tampil di kejuaraan dunia akan berimbas pada pencapaian Sulsel di PON," jelasnya. A Budiman

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024