Makassar, (Antara Sulsel) - Seminar Nasional dengan tema "Jurnalisme Sastrawi" yang dilaksanakan Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, dilaksanakan Rabu, 17 Desember 2014 di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi. 

Seminar kali ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya D. Zawawi Imron (Sastrawan Nasional), Dr. Noh. Sabri AR (Dosen UIN Alauddin), Dr. Firdaus Muhammad (Kajur Jurnalistik UIN Alauddin), Irmawati Puan Mawar (Redaktur Majalah Tempo), AS. Kambie (Redaktur Tribun Timur), dan Dian Muhtadi Hama ( Redaktur Harian Fajar).

Jurnalisme sastrawi mencoba menggali ilmu-ilmu jurnalistik baru, seperti yang disampaikan Kambie, ada enam konsep jurnalistik yang bisa dikembangkan dan semuanya berasal dari Al-Qur'an.

Sedangkan, Zawawi yang merupakan asli Madura, menceritakan betapa indah jurnalistik bugis yang banyak didapatkan dari lontara-lontara bugis, seperti Budi Istikhara.

Dari seminar ini dapat menjadi landasan untuk melahirkan konsep-konsep teori jurnalisme sastrawi yang baru atau konsep jurnalisme lainnya. (Bastian Jabir Patara)

Pewarta :
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024