Kupang (ANTARA Sulsel) - PT Flobamor- perusahan daerah milik Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  mulai pekan ini membuka rute penyeberangan Kupang - Pelabuhan Deri, di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur.

Rute penyeberangan itu ke Adonara itu, dengan menyingahi terlebih dahulu Pelabuhan Waijarang, di Kabupaten Lembata, kata Direktur Utama PD Flobamor Hironimus Sori Wutun, di Kupang, Senin, terkait rencana pembukaan penyeberangan Kupang-Adonara.

"Pelayaran perdana sudah dilakukan pada 20 Desember, bertepatan dengan HUT NTT. Selanjutnya kapal akan melayani rute itu tiga kali dalam sepekan yakni Senin, Rabu dan Sabtu. Kapal akan menyinggahi terlebih dahulu Pelabuhan Waijarang," tuturnya.

"Jadi rutenya adalah Pelabuhan Bolok-Pelabuhan Waijarang-Deri PP. Tetapi masih sementara karena rute ini bersifat komersial, belum disubsidi," uacap Hironimis Sori Wutun, menambahkan.

Dia mengatakan, jadwal dan rute penyeberangan kemungkinan bisa berubah pada 2015, karena manajemen harus menyesuaikan dengan pemberian subsidi oleh pemerintah.

Mengenai izin operasional, dia mengatakan, PT Flobamor telah mendapat izin operasional sementara dari Kementerian Perhubungan untuk menyingahi pelabuhan itu.

Kepala Dinas Perhubungan NTT Stefanus Ratoe Oedjoe mengatakan, izin sementara operasional dari Dirjen Perhubungan Darat untuk penggunaan dermaga untuk merespon keluhan masyarakat di Pulau itu, sambil menunggu pembuatan BASTO (Berita Acara Serah Terima Operasional).

Dia menambahkan, sesuai aturan, lintasan Kupang-Adonara-Lembata PP merupakan lintasan perintis yang disubsidi oleh Pemerintah Pusat, maka sesuai mekanisme lintasan itu baru akan ditampung tahun 2015 mendatang.

Namun, karena adanya kebutuhan masyarakat dari Pulau Adonara, Lembata dan Kupang, maka pihaknya mengajukan izin operasional sementara agar rute tersebut bisa dilayani, kata Stefanus Ratoe Oedjoe. Chandra HN

Pewarta : Bernadus Tokan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024