Maros, Sulsel  (ANTARA Sulsel) - Pemkab Maros memberikan dukungan penuh dalam mereplikasi program USAID-Kinerja untuk meningkatkan kualitas pendidikan di "Butta Salewangan" ini sehingga telah terjangkau 1.645 pendidik yang telah dilatih. 

"Jumlah tersebut diluar pendidik yang sudah dilatih dan sasaran langsung USAID-PRIORITAS yang jumlahnya 320 orang," kata Koordinator Fasilitator USAID PRIORITAS untuk daerah Maros Alimuddin Assegaf di Kabupaten Maros, Sulsel, Selasa.

Dia mengatakan, tenaga pendidikan dari total jumlah yang sudah mendapatkan pelatihan itu terdiri dari 1195 Pendidik SD/MI dan 450 Pendidik SMP/MTs pada tahun 2014.

Menurut Alimuddin, persebaran program USAID PRIORITAS yang masif ini tak lepas dari dukungan penuh Pemda Maros terhadap program USAID PRIORITAS.

Sebenarnya sasaran langsung Program Pelatihan USAID PRIORITAS sebenarnya terbatas pada pendidik di 24 sekolah; 8 SMP/MTs dan 16 SD/MI.

Namun Pemda Maros dengan dana APBD menargetkan paling kurang 60 persen dari total keseluruhan pendidik SD/Mi dan SMP/MTs Maros juga akan menerima pelatihan USAID PRIORITAS.

"Dengan jumlah lebih dari 1.700 orang guru yang sudah dilatih USAID PRIORITAS, maka kita sudah mencapai lebih dari 30 persen dari jumlah total guru Maros," katanya.

Dia mengatakan, Pemda Maros mendukung dampak baik peningkatan kualitas pembelajaran dan manajemen yang ditimbulkan dari pelatihan USAID PRIORITAS terhadap sekolah-sekolah binaannya.

Akibat dari dukungan tersebut, Pemkab menginginkan menyebarkan program itu ke pendidik yang tidak langsung menerima program ini dengan dana APBD sendiri. Bahkan pada Januari 2015 penyebarluasannya akan dilakukan untuk tingkat SMP/MTs se-Maros. Agus Setiawan

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024