Makassar (ANTARA Sulsel) - Empat pedayung Sulawesi Selatan mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan nasional sebagai persiapan menghadapi SEA Games Singapura 2015.

"Empat atlet tersebut yakni Wilis dan Syafira yang berasal dari PPLP Sulsel. Dua lainnya pedayung putri dari Lantamal. Untuk surat resminya juga masih kami tunggu dari PB PODSI," kata Pelatih Dayung Sulsel Baso Akbar di Makassar, Rabu.

Pelatih yang beberapa kali dipercaya menangani timnas ini menjelaskan pemanggilan empat pedayung ini melengkapi jumlah atlet Sulsel yang sebelumnya telah lama bergabung seperti Anwar Tarra, Arief, Syahrul Syaputra dan Dedi Irianto, dan Wahyudi Tarra.

Menurut dia, pemanggilan atlet Sulsel masuk pelatnas membuktikan bahwa Sulsel memiliki potensi dalam cabang olahraga dayung. Pihaknya juga berharap keterlibatan atlet di pelatnas semakin meningkatkan kualitasnya sehingga bisa bersaing khususnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016.

Terkait peluang seluruh atlet masuk tim utama di SEA Games 2015, pihaknya mengaku optimistis. Selain memiliki kemampuan, jadwal SEA Games yang mempertandingkan seluruh kategori baik kanoing, rowing dan perahu naga secara bersamaan juga sebagai peluang besar.

Ia menjelaskan, dengan agenda lomba yang digelar bersamaan tentu membuat atlet tidak lagi bisa tampil pada kategori yang berbeda. Artinya tim peserta akan membutuhkan atlet yang lebih banyak dibandingkan SEA Games 2013.

Saat itu, kata dia, rowing justru dipertandingkan lebih awal dari perahu naga sehingga atlet rowing tetap bisa turun memperkuat tim pada kategori perahu naga.

"Untuk kali ini sudah berbeda. Intinya atlet kita yang menghuni pelatnas memiliki peluang besar masuk tim utama dan memperkuat timnas di SEA Games," jelasnya.

Manajer Timnas Perahu Naga, Young Mardinal sebelumnya mengakui akan memanggil 14 atlet baru untuk bergabung dalam pelatnas tim perahu naga menghadapi SEA Games Singapura 2015.

14 atlet itu akan melengkapi 28 pedayung yang sebelumnya telah bergabung di pelatnas. Pemanggilan ini rencananya akan dilaksanakan awal Januari 2015.

"Rencananya kita akan menambah sebanyak 14 atlet baru untuk masuk tim pelatnas. 14 atlet ini telah menunjukkan potensinya saat memperkuat daerahnya di kejurnas Makassar 2014," jelasnya.

Sebelumnya, kata dia, sudah ada sebanyak 24 pedayung pelatnas yang terdiri dari 14 atlet putra dan putri. Seluruh atlet masih akan berjuang memperebutkan kuota tampil di SEA Games 2015.

"Tentu saja tetap menerapkan sistem promosi degradasi bagi setiap atlet. Kami hanya berharap dengan lebih banyak atlet akan membuat persaingan lebih ketat. Ini juga penting demi menjaga motivasi seluruh atlet," ujarnya. N Yuliastuti

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024