Makassar (ANTARA Sulsel) - Petinju asal Sulawesi Selatan yang memperkuat Sasana Wirabuana, Ratna Sari Dewi, memastikan tampil di babak final setelah mengalahkan Lanbertina (Manokwari Papua) pada babak semifinal kejuaraan nasional Piala Gubernur Maluku, 19-26 Januari 2015.

Pengurus Pertina Sulsel Stevi Latuheru, saat dihubungi dari Makassar, Sulsel, Jumat, mengatakan Ratna Sari Dewi selanjutnya akan bertemu wakil tuan rumah Ester Kalayukin dibabak final kelas 54kg putri, 26 Januari 2015.

"Kita tentu berharap Ratna Sari Dewi bisa kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya dilaga pamungkas," jelas Stevi yang pada kejuaraan tersebut dipercaya menjadi wasit hakim dari Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina).

Mengenai status lawan yang berstatus petinju tuan rumah serta skuad pelatnas Piala Presiden 2015, dirinya berharap tidak membuat petinju Sulsel itu gentar. Apalagi Ratna juga dinilai punya pengalaman disejumlah kejuaraan nasional.

Selain Ratna yang sudah memastikan tiket final, petinju Sulsel lainnya yakni Gusman (Sasana Wirabuana) juga sudah menembus babak semi final setelah mengalahkan petinju Sulsel dari Sasana AMA Makassar.

Petinju andalan Wirabuana ini akan menghapai wakil Papua Barat dibabak semi final yang direncanakan Sabtu, 24 Januari 2015.

Sejumlah petinju Sulsel juga masih akan menjalani pertandingan pada kelas 75 kg putra dan kelas 81 kg putri, Jumat malam.

"Sementara Blasius justru harus mengubur impiannya setelah kalah dari petinju Jabar di kelas 64kg putra,"ujarnya.

Sekretaris Umum Pertina Sulsel, Abdi Amahoru mengatakan Sulsel di ajang tersebut diperkuat sebanyak 18 atlet. Atlet tersebut berasal dari Sasana Kodam VII/Wirabuana, Sasana AMA Makassar serta Pengcab Pertina Kota Makassar.

Untuk Sasana Wirabuana akan diperkuat para petinju terbaiknya seperti Blasius, Ratna Sari Devi dan Haslinda. Ketiganya juga cukup rutin menjadi andalan Sulsel di sejumlah kejuaraan sebelumnya.

"Pertina Sulsel memang tidak terlibat pada kejuaraan kali ini. Apalagi kejuaraan ini memang bersifat terbuka sehingga bisa diikuti siapa saja," katanya. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024