Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia Sulawesi Selatan meminta PB Perbasasi membantu pengadaan anggaran menggelar Kejuaraan Sofbol Asia kategori putri U-19 di Makassar, Sulsel, Maret 2015.

Sekretaris Umum Perbasasi Sulsel, Guntur di Makassar, Rabu, mengaku membutuhkan anggaran sekitar Rp 2 miliar untuk bisa melaksanakan agenda tersebut. Pihaknya berharap PB bisa memberikan anggaran setengah dari total biaya yang dibutuhkan.

"Kami sudah menyampaikan permintaan bantuan ke PB Perbasasi. Kami tentu berharap permintaan ini disetujui demi kelancaran pelaksanaan Kejuaraan Asia di Makassar. Kami berharap dibagi 50-50 dengan PB," jelasnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya masih menunggu konfirmasi atau jawaban dari PB Perbasasi. Pengprov Perbasasi Sulsel selaku penyelenggara juga tetap berupaya mencari sponsor demi membantu pembiayaan.

Terkait kebutuhan anggaran yang diperkirakan mencapai Rp 2 miliar tersebut, kata dia, karena pihaknya selaku panitia diwajibkan menanggung sejumlah biaya baik akomodasi dan konsumsi peserta selama berada di Makassar.

"Biaya akomodasi sepeti hotel dan sebagainya memang menjadi tanggungan kita sebagai penyelenggara. Kami sudah sampaikan kondisi ini dan berharap segera ada kejelasan dari PB," katanya.

Kejuaraan Asia U-19 ini sebelumnya direncanakan Desember 2014. Namun karena alasan kondisi cuaca yang tidak mendukung serta minimnya peserta yang mendaftar juga menjadi alasan memindahkan pelaksanaan pada 15-22 Maret 2015.

Keputusan pembatalan sudah disetujui federasi sofbol Asia. Mereka (federasi) juga sudah mengabarkan pembatalan ini kesejumlah negara yang sempat mendaftarkan berpartisipasi pada ajang tersebut.

Pada pelaksanaan kejuaraan Asia U-19 tersebut, pihaknya menargetkan bisa diikuti sebanyak 15 negara se-Asia seperti Korea Selatan, Jepang, China, Taiwan, Pakistan , Iran, Irak, Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, termasuk Australia.

Ketua Perbasasi Sulsel sekaligus Wali Kota Makassar Mohammad ramdhan Pomanto, kata dia, memang menginginkan kejuaraan ini diikuti lebih banyak peserta. Kehadiran banyak negara sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata kota Makassar dan Sulsel secara keseluruhan.

Kejuaraan Sofbol U-19 ini, kata dia, memang merupakan ajang junior. Kondisi inipun yang diharapkan bisa menarik para peserta berkunjung ke Makassar.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024