Makassar (ANTARA Sulsel) - Tiga mahasiswa Univerisitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan, berhasil lolos seleksi dan berhak mengikuti kompetisi Inventor`s Day Thailand.

"Tiga perwakilan UMI lolos seleksi dan akan berangkat ke Thailand untuk mengikuti kompetisi," ujar Wakil Dekan III UMI, Herwin di Makassar, Jumat.

Ia menyebutkan ketiga mahasiswa tersebut dari Fakultas Farmasi yakni Restuan Lubis, Aprilia Fatma Ely, dan Muhammad Subhan. Mereka akan berada di Thailand pada 2-5 Februari 2015 di Hall 9, Impact Forum Conference Center, Muangthong Thani, Thailand.

Salah satu mahasiswa yang lolos, Aprilia, mengatakan telah mengikuti ajang tersebut untuk kedua kali sebelumnya di Taiwan dan berhasil memperoleh medali emas atas nama Indonesia.

Kegiatan Inventor`s Day Thailand, lanjutnya, diselenggarakan National Research Council of Thailand atau NRCT merupakan lembaga riset di Thailand.

"Awal kami mengikuti kegiatan ini dengan mengisi formulir dengan penjelasan singkat mengenai inovasi kami," papar mahasiswa semester VI dari fakultas farmasi itu.

Menurut dia, panitia pelaksana nasional akan menyaring tim riset dengan inovasi terbaik dari Indonesia untuk diloloskan ke panitia Internasional dengan masa penyisihan selama satu bulan Desember 2014 sampai Januari 2105 dengan 2500 proposal yang masuk.

"Alhamdulillah, UMI kembali diumumkan sebagai salah satu peserta yang lolos pengumuman kelolosan pada awal januari 2015, serta Surya Buana Malang, Tim SMA Stella Maris BSD, SMA Titian Teras Jambi, dan 1 Tim atas nama pribadi," sebutnya.

Selain itu, UMI mendapatkan undangan resmi dari pihak NRCT sebagai tindaklanjut dari kegiatan Kaohsiung International Invention Exhibition di Taiwan Desember 2014.

"Kami mendapatkan Special Award dari pemerintah Thailand. Disana kami membawa produk hasil penelitian yakni Abracadabra Slim Candy dan membuka stand untuk mempresentasikan produk kepada juri," katanya.

Rencananya tim dari UMI akan berangkat bersama panitia INNOPA dari Indonesia dengan peserta yang lain dari Jakarta dan Seluruh inovator pada umumnya akan di kumpulkan. T Susilo

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024