Pangkep, Sulsel  (ANTARA Sukel) - Jajaran PT Semen Tonasa menggelar aksi penanaman pohon di Pelabuhan Biringkassi, Kabupaten Pangkep dalam rangka peringatan Bulan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3).

"Penanaman pohon di areal Pelabuhan Biringkassi, ini, selain dilakukan oleh karyawan PT Semen Tonasa, juga melibatkan puluhan siswa sekolah SD dan SMA dari wilayah sekitarnya," kata

Ketua Panitia penanaman pohon H Ilyas, HM di Kabupaten Pangkep, Sulsel, Jumat.

Dia mengatakan, tema yang diangkat pada peringatan ketenagakerjaan itu adalah Melalui Penerapan SMK3 Kita Wujudkan Indonesia Berbudaya K3 dalam Menghadapi Perdagangan Bebas.

Adapun luas lahan yang ditanami bibit pohon yakni 15x300 meter. Pada kesempatan itu, pohon yang ditanam jenis Angsana dan Tamate sebanyak 1.000 pohon.

Ilyas mengatakan, pelaksanaan penanaman ini terselenggara dari kerjasama Biro K3 dan Biro CSR. Untuk di areal "coal unloading" pelabuhan batu bara Biringkassi ditanam seribu bibit pohon.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Semen Tonasa, Subhan mengatakan, setiap tahun Tonasa menanam 10 ribu bibit pohon di sekitar areal pabrik dan di desa-desa sekitar Tonasa.

Subhan mengatakan, sebagai industri besar, Tonasa tidak hanya mengejar peningkatan produksi semata. Tapi juga peduli akan kondisi lingkungan.

Dia mengatakan, produksi perusahaan semen tersebut ditingkatkan, maka kualitas lingkungan juga diingkatkan. Paradigma yang dibangun saat ini yaitu industri yang tidak merusak lingkungan.

Atas komitmen itu, lanjut dia, Tonasa sudah dua tahun terakhir memperoleh proper hijau dari bidang lingkungan. Untuk itu, tahun ini Tonasa menargetkan memperoleh proper emas di tahun 2016.

"Syarat mendapatkan proper emas harus dapat proper hijau tiga kali. Kita sudah dapat dua kali, makanya Insya Allah kita cukupkan tahun ini proper hijau, sehingga pada 2016 mampu meraih proper emas," katanya. Agus Setiawan

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024