Mamuju (ANTARA Sulbar) - Jelang pemilihan kepala daerah, Fungsionaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Barat, telah membentuk tim sembilan sebagai persiapan awal menghadapi momentum pesta demokrasi serentak tahun 2016.

"Partai demokrat sebagai pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 tentu berhati-hati untuk menjaring bakal calon kepala daerah pada Pilkada yang berlangsung serentak di empat kabupaten di wilayah Sulbar. Makanya, tim sembilan yang dibentuk ini akan bekerja untuk melakukan komunikasi politik di empat kabupaten," kata Juru Bicara Tim Sembilan DPD Partai Demokrat Sulbar, Syamsul Samad dalam keterangan persnya di Mamuju, Selasa.

Menurut Samad, partainya tidak ingin terburu-buru dalam memilih figur bakal calon (balon) kepala daerah sehingga perlu dilakukan kajian secara akademik melalui lembaga survey yang memiliki integritas dan kapabilitas yang layak dipercaya.

"Sebelum melakukan penjaringan, akan ada survei yang dilakukan oleh lembaga survei independen guna menjaring nama-nama calon yang telah menyatakan keinginannya untuk bertarung di empat kabupaten yakni Pilkada Majene, Mamuju Utara, Mamuju Tengah dan termasuk Pilgub Sulbar," ujar Syamsul.

Politisi muda asal Kabupaten Polman ini menyampaikan, partai Demokrat sangat siap menghadapi momentum pesta demokrasi yang diharapkan jadwal pelaksanaannya tak lagi bergeser.

"Jika melihat dinamika politik saat ini maka hampir dipsatikan Pilkada serentak dilaksanakan tahun 2016. Tetapi, kita tunggu dulu hasil revisi Perpu yang akan menjadi Undang-Undang tentang Pilkada," ujarnya.

Dia menyampaikan, tim sembilan yang dibentuk DPD Demokrat ini memiliki beban tugas yang berat khususnya menyangkut proses penjaringan bakal calon yang akan di survei oleh lembaga survei independen.

"DPD Demokrat akan melakukan survei di beberapa Pilkada seperti di Mamuju, Mamuju Utara dan Kabupaten Majene. Sementara, untuk Pilkada Mamuju Tengah dan Pilgub Sulbar sudah ada keputusan bakal calon yang diusung," katanya.

Hasil survei dan penjaringan dari Tim Sembilan kata dia, nantinya bakal menentukan figur yang akan maju sebagai calon kepala daerah dalam Pilkada serentak di Sulbar.

"Sejauh ini sudah ada beberapa figur dari internal maupun eksternal partai yang menyatakan kesiapannya maju dengan perahu Demokrat. Namun kami belum bisa membukanya sebelum hasil lembaga survei yang merilisnya," kata mantan aktivis HMI ini. FC Kuen

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024