Makassar (ANTARA Sulsel) - Program Studi (Prodi) IPS Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM) mampu mempertahankan akreditasi A dalam penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

"Kemampuan mempertahankan nilai akreditasi tersebut, tidak terlepas dari kerja keras seluruh civitas akademika," kata Ketua Prodi S2 IPS PPS-UNM Prof Dr Darman Manda, M.Hum di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, ketika mendapatkan amanah sebagai ketua Prodi S2 IPS PPs UNM sesuai SK No 267/UN36.8/TU/2013, tertanggal 12 Januari 2013 yang ditandatangani Direktur PPs-UNM, Prof Dr Jasruddin, M.Si maka ia sudah bertekad mempertahankan akreditasi A yang telah diraih oleh ketua sebelumnya.

Hal itu akhirnya dibuktikan dengan terbitnya Surat Keputusan No 484/SK/BAN/Akred/M/XII/2014, periode 2014-2019 yang menyatakan Prodi yang dipimpinnya kembali meraih akreditasi nilai A dari BAN-PT.

Kemampuan mempertahankan nilai A tersebut, semakin memberi penguatan bahwa S2 IPS UNM merupakan rujukan utama bagi guru dan dosen dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang akan melanjutkan jenjang studi magister pendidikan, tandas Guru Besar Antropologi UNM ini.

Menurut dia, sejak dulu Prodi ini telah menghasilkan magister pendidikan dan lulusan yang berkarier selaku dosen di kampus negeri dan swasta di KTI.

Prodi S2 UNM membina tujuh Prodi yakni Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Antropologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Hukum/PKN, Pendidikan Administrasi Umum, Pendidikan Ekonomi dan IPS PGSDAN.

Setelah mempertahankan predikat itu, ungkap magister antropologi PPs Universitas Padjajaran Bandung ini, pihaknya akan terus meningkatkan proses pembelajaran serta melakukan komunikasi dengan mantan-mantan ketua Prodi S2 IPS sebelumnya.

Selain itum tradisi akademik terus digairahkan dengan mendorong civitas akademika melakukan penelitian dan publikasi karya ilmiah pada jurnal terakreditasi.

"Kami juga akan menerbitkan jurnal ilmiah yang akan menjadi wadah bagi para dosen untuk mempublikasikan karyanya," katanya.

Adapun riwayat hidup Darman Manda sebagai berikut, lahir di Polewali 3 Januari 1965 dan menamatkan SD dan SMP di Kabupaten Barru, Sulsel. Selanjutnya bersekolah di SMA 5 Makassar dan tamat pada 1984.

Gelar Sarjana Sejarah FPIPS IKIP Ujung Pandang diraih pada 1989. Kemudian S2 di Universitas Padjadjaran Bandung dan tamat pada 1996. Short Course, La Trobe University, Bendigo Victoria  Australia pada 1997. Terakhir menamatkan S3 Prodi Antropologi Universitas Hasanuddin pada 2007. S Muryono

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024