Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 36 pejabat eselon III pada lingkup Pemerintah Kota Makassar dilantik dan diambil sumpahnya oleh Wakil Wali Kota Syamsu Rizal.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Senin, mengatakan, pelantikan pejabat eselon III itu diserahkannya kepada wakilnya karena dirinya baru saja melantik pejabat eselon II.

"Pelantikan pejabat eselon III ini memang saya minta ke Wakil Walikota, hal ini sebagai bukti bahwa Pemerintahan Danny-Ical, merupakan satu bagian yang tak terpisahkan," ujarnya usai pelantikan ketika ditemui.

Ia mengatakan, 36 orang eselon III yang dilantik itu, dua orang diantaranya masih berstatus pelaksana tugas (Plt) yakni posisi Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Makassar, Muhammad Iqbal dan Plt Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Makassar, Muhlis.

Menurut dia, pelaksana tugas yang dilantik dan diambil sumpahnya itu sudah memenuhi kelayakannya meskipun secara kepangkatan dan golongan tidak memenuhi persyaratan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Makassar, Ibrahim Saleh menyatakan jika jabatan Plt yang diberikan untuk Sekretaris Satpol PP dikarenakan Muhammad Iqbal secara kepangkatan belum memenuhi syarat,

"Kalau sekarang ini pada saat dilantik secara kepangkatan dan golongan memang belum memenuhi persyaratan. Pas bulan April sudah memenuhi syarat dan ini sementara di proses. Dia sudah sangat layak," ungkapnya.

Selepas melantik Sekdis, dan Sekcam, selanjutnya Pemerintah Kota Makassar akan melakukan pelantikan untuk Kepala Bidang, di masing-masing SKPD, serta lurah-lurah se-Kota Makassar.

"Untuk pelantikan bidang, diberikan kewenangan kepada kepala SKPD-nya masing-masing, minimal memasukkan dua nama dan maksimal tiga nama untuk dilakukan fit and proper test," katanya.

Sementara itu, untuk pelantikan lurah akan diberikan kewenangan kepada camat masing-masing, yang akan dilaksanakan di wilayah masing-masing, dan disaksikan oleh masyarakat secara langsung.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024