Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persaudaraan Olahraga Bela Diri Kempo Indonesia Sulawesi Selatan telah memetakan kekuatan lawan yang akan dihadapi pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2015.

Sekretaris Umum Perkemi Sulsel, Bonay Syam di Makassar, Kamis, mengatakan, berdasarkan pengalaman di sejumlah kejuaraan lalu, diketahui beberapa tim yang dinilai patut diwaspadai seperti Sumatera Barat, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Timur.

"Khusus nomor randori memang tiga daerah ini yang sering menyulitkan. Kami telah menyiapkan antisipasi agar bisa lebih bersaing di pra-PON 2015," katanya.

Demi meraih hasil terbaik sekaligus lolos berlaga di PON XIX di Jawa Barat 2015, pihaknya telah melakukan sejumlah hal termasuk menggelar seleksi dalam tiga tahap.

Untuk seleksi tahap pertama telah dilaksanakan sejak Januari 2015 dengan memanggil 16 atlet yakni Abdul Kadri (Pare-pare), Aswad, Chareul Amri (Bantaeng), Sugeng, Salbilirizad (Makassar), Albertus (Kabupaten Gowa) untuk kelas 60 kg putra .

Sedangkan untuk kelas 65kg yakni Muhammad Sakir (Luwu Timur), Dermawan (Makassar). Begitupun untuk kelas 70kg putra kita panggil Ricoholi dari Pare-pare.

Sementara untuk kelas putri 45 kg yakni Dian Pertiwi (atlet SEA Games), Ramayani (Kabupaten Barru) dan Ayu Yustika asal Kabupaten Bantaeng.

Disusul kemudian di kelas 50 kg putri terdapat sejumlah nama yang akan bersaing yakni Ade Irma (atlet SEA Games 2011), Riska Suriati (Kabupaten Bantaeng). Adapun kelas 55 kg akan diperebutkan Nining Handika (Kabupaten Barru) dan Handra asal Kabupaten Sidenreng Rappang.

Seleksi kedua selanjutnya kita laksanakan pada Maret 2015. Adapun tahap ketiga atau yang terakhir untuk menentukan wakil Sulsel di pra-PON akan dilihat dari hasil Kejurnas Piala Rektor Unhas pada April 2015.

"Kami sengaja melakukan seleksi dalam tiga tahap demi mendapatkan atlet yang memang berpotensi lolos ke PON 2016," katanya.

Selain fokus untuk kategori randori, Perkemi Sulsel juga terus mematangkan kemampuan atlet kategori embu jelang pelaksanaan babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2015. Pihaknya berharap atlet embu Sulsel bisa diturunkan sekaligus lolos ke PON XIX Jawa Barat 2016.

"Kita saat ini sudah memiliki atlet embu untuk dipersiapkan turun di nomor yudansa putra yakni pasangan Iswan dan Suwandi. Kita berupaya memaksimalkan kemampuan keduanya agar bisa bersaing di pra-PON," ujarnya.  FC Kuen

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024