Makassar (ANTARA Sulsel) - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla (JK) siap meresmikan JK Center diKampus II Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin di Jalan Poros Malino, Kabupaten Goa, Sulsel.

"Kehadiran Pak JK di Makassar untuk menghadiri dua agenda penting yakni peresmian Kampus II Teknik Unhas dan menghadiri pengukuhan Ketua Bawaslu Pusat Dr Muhammad selaku guru besar di Gedung Rektorat Unhas," kata Tim Panitia Dr Aspianoor di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, kehadiran JK beserta rombongan di Kabupaten Gowa untuk meresmikan JK Center itu dijadwal seusai shalat Jumat.

Sesuai jadwal yang diterima dari pihak keprisidenan diketahui, JK akan tiba Jumat (272) pagi di Makassar setelah dari Ambon. Wapres sendiri akan meresmikan gedung tersebut yang ditandai dengan penandatanganan batu prasasti pada "ground floor" eks Pabrik Kertas Gowa (PKG).

Selanjutnya, Wapres akan ke lantai satu melakukan peninjauan fasilitas kampus dan kemdian membuka selubung JK Center. Pada lokasi tersebut akan menjadi wahana pameran semua produk fakultas teknik. Namun ke depannya fakultas lainnya juga dapat turut serta.

"Pada hari kedua yakni Sabtu (28/2), Wapres akan menghadiri pengukuhan guru besar Muhammad di Unhas Tamalanrea, Makassar pada pagi hari," katanya.

Pengadaan JK Center yang dilengkapi dengan laboratorium dan riset yang canggih atas bantuan hibah dari Pemerintah Jepang sekitar Rp1 triliun. Sedang pemberian nama JK Center, karena JK selaku Ketua IKA Unhas menjadi inisiator pengadaan laboratorium berskala internasional itu.

"Fasilitas laboratorium teknik berskala internasional ini diantaranta memiliki fasilitas pengkur kekuatan beton denga skala 1:1, tanpa perlu memperkecil prototipe baton yang diuji," katanya.

Sementara gedung eks PKG itu diisi oleh enam jurusan di Fakultas Teknik diantaranya yakni Sipil, Arsitek, Geologi dan perkapalan. Sementara dua jurusan yang belum ada yakni Elektro dan Mesin. Hal itu, karena proses pembangunan tahap kedua gedung tersebut masih dalam proses tender.  Agus Setiawan

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024