Makassar (ANTARA Sulsel) - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Petasia Timur, Morowali Utara, Sulawesi Tengah, bekerja sama PT Agro Nusa Abadi (ANA) mengelar pelatihan guna mendorong peningkatan kualitas guru di daerah setempat.

"Saya senang karena para guru sangat antusias mengikuti kegiatan ini," kata Kepala UPTD Pentasia Timur, Frit Desmon Tampake, melalui siaran tertulisnya diterima di Makassar, Jumat.

Pelatihan peningkatan mutu guru mengangkat tema "Smart Teacher" di Malino, Kabupaten Gowa selama dua hari tersebut menurut dia, diyakini akan mencapai hasil yang diharapkan.

Frit menyebutkan peserta yang memgikuti pelatihan tersebut merupakan beberapa perwakilan guru SD dan SMP di Kecamatan Petasia Timur dan Petasia Barat. Materi yang disampaikan terbagi menjadi tiga tema utama, yaitu Matematika Ceria, Media Pembelajaran Kreatif dan Media pembelajaran berbasis IT.

Sementara Guru Madrasah Ibtidaiyah atau setingkat SD, Abdul Mutalib mengatakan, banyak murid yang masih memandang pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit.

Dengan adanya pelatihan itu, maka guru akan mudah mengajarkan mata pelajaran matematika di kelas serta cara belajar mengajar dengan baik.

"Di sini kita jadi tahu cara mengajarkan matematika dengan cara menyenangkan, Tema ini sangat penting untuk diikuti," ujarnya.

Pelatihan tersebut, lanjutnya, dianggap penting mengingat dalam waktu dekat murid SD akan mengikuti ujian nasional. Begitu juga dengan materi tentang IT dan pembelajaran kreatif.

Tema-tema ini dirancang dan disampaikan agar para guru bisa mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa dengan metode yang mudah dicerna dan sesuai tuntutan jaman.

"Pelajaran sekarang kan sudah harus mengenal IT juga. Terutama untuk tingkat SMP," kata Sofian, perwakilan guru dari SMP 4 Ungkea, yang juga mengikuti workshop.

Administratur PT Agro Nusa Abadi, Moh Irsyad Noor menyampaikan terima kasih atas kehadiran para guru. Menurutnya, kegiatan yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan ini merupakan bagian dari bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

"Kami berharap masyarakat sekitar juga akan semakin maju dan sejahtera," katanya menegaskan bahwa sebagai tujuan dalam visi misi perusahaan yang dia pimpin.

Selain di PT ANA, kegiatan ini juga digelar di lingkungan PT Cipta Agro Nusantara (CAN). Kedua perusahaan tersebut adalah anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk yang bergerak di bidang industri perkebunan kelapa sawit.  FC Kuen

Pewarta : Darwin Faitr
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024