Makassar (ANTARA Sulsel) - Pelari Sulawesi Selatan yang diproyeksikan tampil di Kejurnas Remaja dan Junior 2015 siap bersaing menjadi yang terbaik pada ajang lari "Bosowa Half Marathon" di Makassar, Sulsel, 1 Maret 2015.

Pelatih Atletik Sulsel Danil Lius di Makassar, Jumat, mengatakan para pelari yang diturunkan pada kejuaraan tersebut di antaranya Fitri, Yurmi Patampang, Sinta Paelongan, Michael, Bastian serta Muhammad Asdar.

"Selain dimanfaatkan sebagai ajang mengukur kemampuan, keterlibatan atlet di Bosowa Marathon juga sebagai upaya mengusir kejenuhan selama latihan. Apalagi ini juga digelar di Makassar sehingga tidak butuh biaya besar," katanya.

Seluruh atlet Sulsel itu, kata dia, akan berlaga di kategori remaja 10 K. Dirinya juga menyambut gembira pelaksanaan Bosowa Half Marathon karena dapat meningkatkan motivasi atletnya dalam berlatih.

"Meski seluruh atlet bukan pelari marathon namun kita tetap optimistis bisa bersaing. Apalagi beberapa atlet kita juga memiliki stamina dan daya tahan yang cukup maksimal," jelasnya.

Direktur Bosowa Foundation sekaligus Panitia Half Marathon 2015, Melinda Aksa, mengatakan pihaknya menargetkan sebanyak 4.200 peserta bisa mengikuti kejuaraan yang merupakan rangkaian peringatan HUT ke-42 Bosowa.

Mengenai hadiah, pihaknya menyiapkan total hadiah sebesar Rp 402 juta bagi para pemenang. Hadiah ini dipersiapkan bagi seluruh pememang pada enam kategori yakni 21 K terbuka (berlaku untuk warga negara asing dan WNI), 21 K tertutup (khusus WNI), 21K Master (untuk peserta berusia 40 tahun keatas).

Selain itu, kategori 10 K terbuka (berlaku untuk WNI), 10 K pelajar (untuk pelari berusia 16 tahun ke bawah), serta 5K untuk seluruh warga negara Indonesia.

"Khusus bagi pemenang pada kategori WNI, akan kita ambil hingga posisi enam, sedangkan untuk kategori 21 K terbuka yang diikuti peserta asing hanya sampai peringkat tiga," jelasnya.

Selain menyiapkan hadiah uang tunai, kata dia, para peserta lomba juga akan mendapatkan kaos eksklusif, tas, dan medali. Namun khusus untuk pemberian medali baru bisa dilakukan jika peserta memang berhasil sampai pada garis finis.

"Untuk medali tentu kami akan siapkan sesuai dengan jumlah peserta. Ini juga sesuai dengan tema lomba, yakni `Semua Pasti Juara`," ujarnya. Farochah

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024