Morowali Utara (Antara Sulsel) - Kemajuan teknologi sangat penting untuk dikuasai para guru. Keahlian menguasai IT misalnya, akan membantu proses belajar mengajar menjadi lebih berkualitas. 

Karena itu, PT Cipta Agro Nusantara (CAN) perusahaan perkebunan kelapa sawit di Morowali Utara, bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) setempat mengajak beberapa guru SD dan SMP di Morowali Utara mengikuti “Smart Teacher Workshop” pada 25 dan 26 Februari 2015.

“Semoga mutu pendidikan pun menjadi semakin berkualitas,” ujar Arisman Siregar, Administratur PT CAN. 

Kegiatan tersebut, menurutnya, juga merupakan wujud kepedulian perusahaan yang ingin masyarakat sekitar maju dan sejahtera.  

Pada kegiatan tersebut, para guru diajak menggunakan IT sebagai salah satu media dalam proses belajar mengajar. 

Contoh sederhana adalah pemakaian aplikasi power point yang akan sangat memudahkan visualisasi konsep-konsep serta materi pelajaran yang ingin disampaikan kepada para siswa.

Selain penggunaan basic multimedia, melalui seminar tersebut para guru juga diajarkan cara-cara kreatif agar proses transfer pengetahuan menjadi semakin menarik dan tidak membosankan. 

Yang tidak kalah menarik adalah materi tentang “Matematika Ceria”, yang membuat pelajaran matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan dan amat mudah untuk dipahami.

Total ada 40 guru yang mengikuti kegiatan itu. Mereka merupakan perwakilan dari empat sekolah, yaitu SMP Negeri 1 Lembo, SDN Petumbea, SD GKST Ronta, dan SDN Pontangoa. 

“Menyenangkan sekali,” kata Reprilinilce Tampoma, guru SDN Pontangoa. Menurutnya, kegiatan semacam ini sangat membuka wawasan mereka sebagai guru. Para guru tidak ketinggalan pengetahuan dan teknologi terbaru. 

Begitu juga yang disampaikan Supratman Sanampe, guru SMPN 1 Lembo Raya. 

Ia mengaku terkesan dan merasa selangkah lebih maju dalam hal penggunaan IT sebagai media dalam proses belajar mengajar.

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024