Makassar (ANTARA Sulsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Makassar menyerahkan bantuan sarana komunikasi berupa pesawat Handy Talky (HT) kepada pemerintah Kecamatan Makassar.

"Upaya yang kami lakukan dengan menjalin komunikasi yang intensif dengan kelompok masyarakat, maka diberikan bantuan alat komunikasi berupa HT," ujar Kepala BPBD Makasar, Syahruddin AR, Minggu.

Dengan ancaman bencana dan maraknya penjahat bermotor di Makassar yang makin sulit diprediksi, ujar dia, pihaknya menggerakkan semua potensi untuk membantu Pemerintah Kota dalam meminimalisir dampak krimininalitas yang ditimbulkan.

Syahruddin menyatakan, keberadaan HT bisa berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan sekitar serta memberikan informasi ataupun bakti sosial kepada masyarakat.

"Perangkat komunikasi itu bisa memudahkan komunikasi bila dalam keadaan genting khususnya bila terjadi bencana, termasuk tindakan kriminalitas bisa dengan secepatnya dilaporkan di posko PB BPBD Makassar," ujarnya.

Ia berharap, dengan bantuan tersebut akan mewujudkan partisipasi masyarakat akan pentingnya sinergitas antara masyarakat dan pemerintah untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Kamtibmas.

"Harapannya komunikasi harus tetap dilakukan untuk memonitoring keadaan sehingga langkah antisipatif segera dilaksanakan," tambahnya.

Camat Makassar Thahir Rasyid pada kesempatan itu menerima sejumlah HT untuk digunakan dalam menjalin komunikasi melalui frekwesi udara agar memberitahukan apabila terjadi kejadian.

"Bantuan HT ini sangat berguna dalam menyampaikan informasi terutama bagi pemerintah wilayah sebagai bentuk monitoring dan laporan secara langsung ke sumber penanganan bencana serta apabila terjadi tindakan kriminalitas," katannya. Agus Setiawan

Pewarta : Darwin Faitr
Editor :
Copyright © ANTARA 2024