Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengda Ikatan Motor Indonesia Sulawesi Selatan siap menggelar kejuaraan nasional Relly of Celebes di Perkebunan Tebu, Kabupaten Takalar, Sulsel, 24-25 April 2015.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi IMI Sulsel, Adifar Hakim di Makassar, Senin, mengatakan kejuaraan ini kembali direncanakan diikuti puluhan pereli nasional dari sejumlah daerah seperti DKI Jakarta dan kalimantan.

"Kejuaraan Relly Of Celebes pada 2014 diikuti hingga 20 pereli nasional. Kami tentu optimistis jumlah peserta akan lebih besar pada kali ini karena digelar dalam konsep berbeda," jelasnya.

Salah satu yang menjadi daya tarik atau pembeda dari sebelumnya yakni pelaksanaan Special Stage (SS) penutup yang akan dilaksanakan di Sirkuit Trans Makassar.

Keputusan pihak penyelenggara memasukkan Makassar sebagai lintasan terakhir, kata dia, dimaksudkan agar masyarakat khususnya di Makassar bisa melihat aksi para pebalap nasional yang tampil dalam kejuaraan tersebut.

"Kami berharap dengan konsep ini juga semakin menarik banyak penonton untuk hadir menyaksikan secara langsung," katanya.

Pengda IMI Sulsel juga baru saja menggelar kejuaraan motoprix Regional V Sulawesi di Sirkuit RMS Land Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, 7-8 Maret 2015. Ajang Motoprix yang merupakan seri pertama ini diikuti para pebalap terbaik dari Gorontalo, Sulut, Sulteng, Sultra, Sulbar dan Sulsel.

Kepala Bidang Roda Dua IMI Sulsel, Multazam, mengatakan ajang relly itu merupakana salah satu dari tujuh kejuaraan yang akan dilaksanakan di Sulsel. Adapun kejuaraan lainnya yakni kejurnas motoprix (tiga seri), grass track (satu seri), drag race (dua seri), indoprix (satu seri), sprint rally, dan rally time.

Dari tujuh kejuaraan tersebut, sebagian besar diantaranya memang sudah pernah dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota di Sulsel diantaranya ajang motoprix regional Sulawesi, dan kejuaraan rally di perkebunan tebu Kabupaten Takalar.

Sementara untuk ajang indoprix yang merupakan kejuaraan balap motor terbesar di Indonesia itu, Pengprov IMI Sulsel memang belum pernah mendapat kepercayaan sebagai penyelenggara.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya bertekad untuk menjadi pelaksana yang sukses. IMI Sulsel juga berharap dukungan penuh dari pihak pemerintah dalam hal ini Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar dalam menyukseskan seluruh kejuaraan.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024