Mamuju (ANTARA Sulbar) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sulawesi Barat tahun ini telah mengalokasikan anggaran untuk penanganan pembangunan infrastruktur pada ruas jalan yang menghubungkan wilayah Tabone-Malabo, Kabupaten Mamasa.

"Ruas jalan yang menghubungkan daerah Tabone-Malabo dengan panjang sekitar 59 kilometer akan segera kita tangani. Saat ini tinggal proses lelang pada Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sulbar," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Sulbar, Isri Silo yang ditemui diruang kerjanya di Mamuju, Senin.

Menurutnya, dana yang disiapkan untuk pembangunan ruas jalan Tabone-Malabo ini diplot melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun anggaran 2015.

Karena itu, kata dia, proses lelang melalui ULP dapat terselesaikan dengan baik sehingga proses pekerjaan bisa dimulai lebih awal dan tidak berdampak pada lambatnya proses pekerjaan.

"Jika proses lelang telah tuntas maka proses pekerjaan pembangunan proyek itu bisa jalan. Makanya, kita menunggu siapa diantara rekanan yang melaksanakan paket senilai Rp59 milyar ini," kata Isri.

Selain itu, kata dia, jajarannya juga akan melaksanakan proyek rehabilitasi ruas jalan yang menghubungkan daerah Lampa dan Matangga, Kabupaten Polewali Mandar.

"Ruas jalan Lampa-Matangga akan dilaksanakan rehabilitasi sepanjang 1,7 kilometer. Kita berharap, penanganan jalan ke daerah itu menjadi penting untuk memaksimalkan interkoneksi bagi pengguna jalan yang ada di daerah ini," ungkap Isri.

Isri menambahkan, proyek penanganan jalan tetap menjadi perhatian serius dari pemerintah karena hingga kini masih banyak ruas jalan yang mesti segera ditangani. Hanya saja, kemanpuan anggaran yang terbatas sehingga pemerintah hanya bisa melaksanakan secara bertahap.

"Sebetulnya kita ingin agar ruas jalan yang menjadi tanggungjawab pemerintah provinsi bisa tertangani secara keseluruhan. Namun, kita harus memaklumi kemanapuan anggaran yang dimiliki daerah," terang Isri. Agus Setiawan

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024