Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim kempo Tangerang menyiapkan delapan atlet terbaiknya untuk menghadapi kejuaraan nasional kempo Piala Rektor Unhas se-KTI di Gedung PKM Universitas Hasanuddin Makassar, Sulsel, 16-18 April 2015.

"Kontingen Tangerang sudah memberikan konfirmasi untuk menurunkan delapan atletnya di Kejurnas Rektor Cup IX 2015. Tim kempo Tangerang dalam beberapa pelaksanaan terakhir memang rutin berpartisipasi," jelas Ketua Panitia Kejurnas Rektor Cup Unhas, Fikri di Makassar, Senin.

Kehadiran tim kempo Tangerang pada ajang tersebut memang lebih spesial karena menjadi salah satu tim dari luar KTI yang sengaja diundang. Pihaknya juga berharap keterlibatan tim Tangerang membuat persaingan semakin ketat.

Selain Tangerang, pihak penyelenggara juga mengundang beberapa tim di luar Kawasan Timur Indonesia (KTI) yakni UGM dan Unpad Padjajaran. Namun khusus dua tim ini belum bisa dipastikan bisa berpartisipasi.

"Unpad pada dasarnya sudah menyatakan kesiapannya berpartisipasi. Hanya saja memang belum memastikan berapa atlet yang akan diturunkan. Intinya kami harap kejuaraan ini bisa diikuti semakin banyak peserta," katanya.

Sekretaris Umum Perkemi Sulsel, Bonay Syam, menyatakan pelaksanaan kejuaraan nasional kempo Rektor Cup Unhas 2015 memang sengaja dimajukan dari sebelumnya direncanakan Mei berubah ke April 2015.

Keputusan memajukan jadwal karena pada bulan tersebut juga akan dilaksanakan kejuaraan nasional antarkota di Surabaya, Jawa Timur, 15-17 Mei 2015.

"Ini salah satu antisipasi panitia agar kejuaraan Rektor Cup Unhas 2015 tetap bisa diikuti lebih banyak peserta. Kami dari pengprov tentu mendukung karena memiliki harapan yang sama agar bisa lebih ramai," katanya.

Menurut dia, jika agenda kejuaraan tahunan itu tetap dipaksakan pada Mei 2015 tentu peluang untuk mendatangkan peserta yang lebih banyak cukup sulit. Sebab peserta dari daerah lain juga berencana tampil di kejurnas antar kota.

Kejuaraan Rektor Cup 2015, kata dia, memang penting karena akan dimanfaatkan sebagai ajang eleksi atlet memperkuat Sulsel menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bandung, Agustus 2015.

"Kita melaksanakan seleksi dalam tiga tahap. Untuk penilaian siapa yang berhak masuk tim pra-PON Sulsel akan kita lihat berdasarkan pencapain atlet pada seleksi tahap terakhir di Rektor Unhas Cup," jelasnya. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024