Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum untuk memperbaiki seluruh jalan rusak dan berlubang yang diakibatkan oleh guyuran hujan beberapa waktu lalu.

"Sejak saya dilantik dulu sudah pernah mengumumkan nomor HP saya kepada warga Makassar dan hanya satu nomor yang saya pakai. Saya menerima keluhan langsung dari warga kemudian saya teruskan ke dinas terkait," ujarnya melalui surat elektroniknya dari Jakarta, Senin.

Ramdhan mengatakan, guyuran hujan yang terjadi pada musim penghujan baru-baru ini banyak menimbulkan kerusakan pada jalanan, baik di jalan-jalan protokol maupun jalan penghubung lainnya.

Bahkan tingkat kerusakan jalan seperti lubang-luban itu semakin terbuka serta dalam dan itu bisa diamati langsung melalui gambar foto yang dikirimkan warga.

"Kami sudah instruksikan PU untuk bekerja cepat. Apalagi sekarang cuaca sudah membaik. Saya juga sudah kirimkan ke PU beberapa jalan rusak yang dikeluhkan warga lewat HP saya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU kota Makassar, Ansar saat di konfirmasi di ruang kerjanya, mengakui sudah mendapatkan instruksi dari Wali Kota dan memanfaatkan cuaca yang sudah membaik akhir-akhir ini untuk melakukan pekerjaan.

"Anggota kami memang sudah bekerja di lapangan saat ini. Pak Wali minta semua jalan berlubang agar bisa ditutupi semua tahun ini," ujarnya.

Menurut Ansar, sebelum adanya perintah dari wali kota, dirinya sudah mulai memperbaiki jalan-jalan yang rusak seperti berlubang sesuai dengan laporan warga. Dan dengan adanya perintah wali kota, dia kemudian memprioritaskan jalan-jalan lainnya yang dikirimkan.

"Sebelum Pak Wali menginstruksikan untuk memperbaiki jalan yang rusak, kita sudah memperbaikinya. Jalan-jalan rusak yang dikirimkan Pak Wali akan ditindaklanjuti," ucapnya.

Selain itu, dari data yang di perlihatkan, Ansar mengkalkulasi jika jumlah jalan berlubang yang sudah di perbaiki hingga saat ini sudah berkisar 30 persen dari jumlah kerusakan.

"Sudah sekitar 30 persen. Insya Allah tahun ini kami akan selesaikan semuanya. Hanya saja, memang kita hanya bisa melakukan pekerjaan pada malam hari, karena siang harinya itu kendaraan padat sekali," lanjutnya.

Ansar juga menyebutkan, beberapa jalan yang mengalami rusak parah akan di beton dan pekerjaan itu akan dikerjakan oleh kontraktor yang memenuhi persyaratan seperti harus melalui proses lelang.

"Insya Allah, beberapa jalan yang akan kita beton sudah mau dilelang minggu depan. Jalan-jalan yang kami maksud akan mengalami perbaikan total," jelasnya. FC Kuen

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024