Mamuju (ANTARA Sulsel) - Investor dari Negara Polandia tertarik menanamkan modalnya di Provinsi Sulawesi Barat dalam bentuk usaha di sektor pariwisata.

"Sektor paling besar dan paling berpeluang untuk investasi di Provinsi Sulbar adalah sektor pariwisata, namun yang perlu dilakukan pemerintah di Sulbar adalah harus lebih aktif menarik turis," kata Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Republik Polandia Romuald Morawski.

Usai melakukan pertemuan dengan pemerintah di Sulbar membahas peluang investasi dan perdagangan di Mamuju, Rabu, ia mengatakan sektor perdagangan dan investasi lainnya yang menarik dikelola adalah sektor pertambangan perikanan dan makanan

"Ikan luar biasa di Sulbar ini yang perlu terus dikembangkan agar dapat menarik investasi sejalan dengan visi pemerintah di Indonesia yang akan mengembangkan sektor kemaritiman," katanya.

Menurut dia, Polandia akan terus menjalin komunikasi dan kerja sama dengan pemerintah di seluruh Sulawesi untuk bisa membangun kerja sama di bidang investasi.

"Sulawesi khususnya Provinsi Sulbar sangat strategis untuk berinvestasi karena wilayahnya adalah pintu gerbang di Indonesia timur, sehingga komunikasi dengan pemerintah akan kita tingkatkan lebih dan informasi dan promosi melalui website mesti ditingkatkan pula agar daerah ini semakin menarik untuk membuka peluang investasi," katanya.

Polandia menargetkan untuk mempromosikan perdagangan dan investasi di Pulau Sulawesi, termasuk di wilayah Sulbar untuk mendorong ekonomi daerah agar maju dan berkembang

Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Republik Polandia akan berkunjung ke Sulbar 24-29 Maret 2015 di Provinsi Sulbar.

Menurut dia, Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Republik Polandia juga akan menggelar seminar dengan tema "Polandia dan Sulbar mitra dan tantangan baru untuk perdagangan dan investasi".

Acara itu akan dihadiri peserta dari kalangan akademisi pemerintah dan dinas terkait serta para pengusaha.

Menurut dia, Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Republik Polandia juga akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Sulbar beserta sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Provinsi Sulbar

Selain bertemu dengan Gubernur Sulbar juga akan bertemu dengan empat bupati di empat kabupaten di Sulbar diantaranya Bupati Mamuju, Bupati Mamuju Tengah, Bupati Mamasa dan Bupati Kabupaten Polewali Mandar membahas mengenai program pengembangan pariwisata Sulbar. Ridwan Ch

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024