Makassar (ANTARA Sulsel) - Dua pemain asal Makassar, Sulawesi Selatan, masih menjaga peluangnya memperkuat timnas U-16 dan U-19 pada ajang internasional Piala AFF dan kualifikasi AFC Cup 2015.

Asisten Pelatih Timnas U-16 Yeyen Tumena di Makassar, Senin, mengatakan dua pemain itu yakni Jaya Ruslan (U-16) serta Asnawi Mangku Alam di timnas U-19, yang masih tetap bergabung dalam skuad timnas.

"Untuk timnas U-16, dari 35 sebelumnya telah kami ciutkan menjadi 26 pemain. Dari jumlah itu, satu diantaranya merupakan pemain asal Makassar yakni Jaya Ruslan. Sedangkan Asnawi mewakili Sulsel di U-19," katanya.

Mengenai peluang dua pemain Makassar itu masuk tim utama, dirinya mengakui masih terbuka lebar. Namun demikian, kedua pemain harus tetap bekerja keras demi menjaga penampilan terbaiknya selama mengikuti pemusatan latihan.

Seluruh pemain timnas dari segala umur, kata dia, memang belum ada yang bisa dipastikan berposisi aman di timnas. Pihaknya masih akan terus melakukan seleksi ketat sebelum penentuan siapa yang akhirnya terpilih memperkuat timnas di ajang internasional.

"Kita tidak pernah membat posisi pemain aman sehingga akan selalu ada kompetisi. Kami juga akn tersu mencari potensi-potensi yang ada untuk bisa bergabung dam memperkuat timnas di sejumlah ajang internasional," jelasnya.

Khusus untuk timnas U-16, kata mantan pemain timnas Primavera ini dijadwalkan menggelar uji coba sebanyak dua kali menghadapi Jepang di Kawarang, Bekasi, 15 dan 18 April 2015.

Mantan pemain PSM Makassar ini menjelaskan, timnas U-16 akan mulai menjalani pemusatan latihan di Karawang, Senin, sebagai persiapan menghadapi laga uji coba tersebut.

Mengenai dua laga uji coba tersebut, tim pelatih tetap akan berupaya bisa memenangkan pertandingan. Meski bukan hal mudah namun timnas U-16 tetap optimistis bisa meraih hasil maksimal pada laga tersebut.

Setelah menghadapi timnas Jepang, kata dia, tim U-16 selanjutnya akan menjalani libur untuk persiapan mengikuti ujian nasional.

Para pemain timnas U-16, kata dia, baru akan kembali mengikuti pemusatan latihan pada 10 Mei 2015 hingga bulan Ramadhan.

"Kita liburkan karena anak-anak akan menghadapi ujian. Kami akan kembali mengikuti TC pada pertengahan Mei mendatang. Selanjutnya 10 hari setelah lebaran atau 27 Juli 2015, kita akan menghadapi kejuaraan AFF U-16 di Solo ," ujar pria berusia 39 tahun tersebut. N Yuliastuti

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024