Bantaeng, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 15 perusahaan yang menanam investasi di Kabupaten Bantaeng menandatangani naskah kesepahaman (MoU) dengan unsur perguruan tinggi (Institut Pertanian Bogor), perusahaan penerbangan nasional (Garuda Indonesia) serta perusahaan pemasok BBM (PT H Nurdin).

Penandatanganan naskah kesepakatan tersebut dilakukan pada "investor meeting" di Balai Kartini Bantaeng, Selasa.

Investor dari tiga negara masing-masing Korea Selatan, China dan Malaysia tersebut sepakat bekerjasama untuk pemenuhan BBM Industri serta fasilitas penerbangan milik pemerintah.

Sedangkan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dilakukan Pemerintah Kabupaten Bantaeng dengan IPB.

Pertemuan rutin para investor dan Pemkab tersebut dihadiri Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah, Rektor IPB Herry Suhardiyanto, Vice Presiden PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Rosina serta para petinggi perusahaan yang menanam modal di Bantaeng.

Adapun perusahaan yang hadir masing-masing PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia, PT Titan Mineral Indonesia, PT Sung Hee Mining, PT Mitra Tambang S elaras, PT Mitra Selaras Sukses Sejahtera.

PT Multi Kilang Pratama, PT Bantaeng Sigma Energi, PT. Indonesia Semarang Steel, PT H Nurdin, BTN Power Malaysia, PT Simic, PT Samudra Indonesia, PT Doosan Heavy Industries, PT Bissappu Energi Biru, dan PT Mega Power Makmur.

Dalam sambutannya, Vice Presiden PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Rosina mengakui kerjasama yang dilakukan kali ini menjadi pengalaman berharga.

"Untuk pertama kalinya menanda tangani MoU sebanyak dan sepanjang ini. Garuda Indonesia sangat mengapresiasi kerja sama ini untuk menunjang pengembangan kawasan industri di Kabupaten Bantaeng," katanya.

Melalui kerja sama ini, katanya, fasilitas Garuda Indonesia diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Bantaeng tetapi investor bisa menggunakan fasilitas Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Garuda Indonesia.

"Kami akan meluncurkan program yang diberi nama `Explore The Beauty of Indonesia`. Dimana seluruh destinasi wisata yang ada di Indonesia, khususnya Indonesia Timur akan kami kembangkan dan akan kami `launching` di Makassar serta akan dihadiri Menteri Pariwisata RI," katanya.

Sales and Service Manager Garuda Indonesia, Irfan menambahkan melalui kerjasama dengan perusahaan penerbangan terkemuka Indonesia ini penumpang akan memperoleh potongan harga tiket 10 persen untuk setiap penerbangan baik domestik maupun internasional. Agus Setiawan

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024