Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melatih 115 kepala desa dari tiga kabupaten mengenai tata cara pengelolaan dana yang akan digelontorkan pemerintah pusat.

Kepala Badan Badan Pengembangan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMD) Provinsi Sulawesi Barat, Ardjuzaman Tamadjoe, di Mamuju, Senin, mengatakan, sebanyak 115 kepala desa dari Kabupaten Polman, Majene, dan Mamuju Utara dilatih pengelolaan anggaran desa.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan memanfaatkan anggaran APBD Sulbar dalam rangka memaksimalkan pengelolaan anggaran desa ketika sudah dikucurkan pusat untuk pemerintah desa di seluruh di Indonesia.

Menurut dia, dalam waktu dekat ini Pemprov Sulbar kembali akan melakukan pelatihan bagi aparat desa di Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamasa sehingga seluruh aparat di 575 desa memahami teknik pengelolaan anggaran desa.

"Pemerintah pusat tahun ini akan mengucurkan anggaran desa paling sedikit sekitar Rp450 juta dan paling banyak mencapai Rp1,5 miliar kepada setiap desa di Indonesia untuk membangun desa," katanya.

Ia mengatakan, besarnya anggaran desa yang dikucurkan akan dilihat dari luasnya wilayah desa dan banyaknya penduduk yang dimiliki.

Tamadjoe mengatakan, apabila seluruh aparat desa di Sulbar telah diberikan pemahaman melalui pelatihan mengenai pengelolaan dana desa maka Sulbar telah siap melaksanakan pembangunan di desa.

"Selain pengelolaan dana desa dalam pelatihan kepala desa yang diberikan itu juga disertai penyusunan rencana jangka menengah desa dan rencana kerja desa. Diharapkan desa-desa di Sulbar akan maju dan berkembang," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024